Analisis pengelolaan zakat produktif untuk pemberdayaan ekonomi mustahik di Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Semarang

Hidayat, Syamsul (2020) Analisis pengelolaan zakat produktif untuk pemberdayaan ekonomi mustahik di Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026029_Syamsul_Hidayat] Text (Skripsi_1705026029_Syamsul_Hidayat)
Skripsi_1705026029_Syamsul_Hidayat.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Program pengelolaan zakat produktif di lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Semarang masih belum maksimal karena belum bisa meningkatkan ekonomi mustahik. Melihat permasalahan tersebut penulis merumuskan masalah. Bagaimana ke efektifan zakat produktif untuk pemberdayaan ekonomi mustahik dan faktor penghambat & pendukung dalam pengelolaan zakat produktif untuk pemberdayaan ekonomi mustahik di lembaga amil zakat Yatim Mandiri Semarang. Tujuan penulisan yaitu mengetahui ke efektifan dan faktor penghambat & pendukung pemberdayaan ekonomi mustahik melalui program zakat produktif di LAZ Yatim Mandiri Semarang.
Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif, dengan penelitian lapangan field research. Analisis penelitian menggunakan metode keadaan yang ada dilapangan dengan teori yang sudah ada, yaitu dengan cara mengkaji bagaimana pengelolaan zakat produktif di LAZ Yatim Mandiri Semarang.
Penelitian zakat produktif di LAZ Yatim Mandiri menunjukkan ke efektifan zakat produktif untuk pemberdayaan ekonomi mustahik hasil yang diperoleh dari ekonomi mustahik memiliki dua program yaitu: Pertama, pendampingan & pembinaan kepada para mustahik (anak yatim, ibu anak yatim dan duafa) melalui usaha industri kreatif, property agroindustri, trading, media, kuliner, farming, dan jasa lainnya, yang kedua memberikan bantuan pinjaman modal Rp. 1000.000,- untuk menambah modal usaha. Adapun untuk program pemberdayaan kepada ibu-ibu anak yatim dan duafa belum terlaksana secara maksimal terkendala kurangnya fasilitator. Kedua, program pemberdayaan ekonomi mustahik belum terlaksana secara maksimal karena beberapa hambat yaitu: (1) Kurangnya SDM di LAZ Yatim Mandiri Semarang untuk mengalokasikan zakat produktif, (2) Kurangnya dana zakat yang dapat dihimpun oleh LAZ Yatim Mandiri Semarang, (3) Masih kurang sadarnya mustahik dalam mengembangkan usahanya, (4) Sulitnya mencari mustahik yang dapat dipercaya. Selain penghambat terdapat faktor pendukung yaitu: (1) Niat lillahita’ala pengurus Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Semarang, (2) Adanya hubungan kerjasama antara Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Semarang dengan Kecamatan, (3) Niat mustahik untuk menjadi seorang muzaki.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan zakat; Zakat produktif; Pemberdayaan ekonomi; Mustahik
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Nov 2021 02:57
Last Modified: 01 Nov 2021 02:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13527

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics