Relasi sosial antara pengurus klenteng Hok Tik Bio dengan jemaat gereja kristen Muria Indonesia: studi kasus Klenteng Hok Tik Bio dan gereja Kristen Muria Indonesia Pati

Ikhsan, Ahmad Suyuti (2021) Relasi sosial antara pengurus klenteng Hok Tik Bio dengan jemaat gereja kristen Muria Indonesia: studi kasus Klenteng Hok Tik Bio dan gereja Kristen Muria Indonesia Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1404036003_Ahmad Suyuti Ikhsan_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1404036003_Ahmad Suyuti Ikhsan_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Relasi Sosial Antara Pengurus Klenteng Hok Tik Bio dengan Jemaat Gereja Kristen Muria Indonesia” dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus intoleransi di Indonesia, salah satunya intoleransi antar umat beragama. Sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia melihat fenomena tindakan kekerasan antarumat beragama di berbagai wilayah Indonesia. Mulai dari tindakan diskriminasi yang dilakukan oleh kelompok mayoritas terhadap kelompok minoritas baik itu terhadap personal maupun pengrusakan rumah ibadah. Keberadaan bangunan Klenteng Hok Tio Bio dan Gereja Kristen Muria Indonesia yang berhadapan yang hingga saat ini masih berdiri kokoh manarik penulis untuk meneliti bagaimana relasi yang terjadi antar pengurusnya. Penulis ingin mengetahui bagaimana bagaimana bentuk relasi yang dilakukan oleh pengurus Klenteng Hok Tio Bio dan Gereja Kristen Muria Indonesia dalam menjaga kerukunan antarumat beragama. Selain itu, penulis ingin mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung terjadinya relasi sosial antara Klenteng Hok Tio Bio dengan Gereja Kristen Muria Indonesia dalam menjaga kerukunan antarumat beragama di wilayah tersebut. Mengingat penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), maka dalam mendapat informasi yang dibutuhkan peneliti memulai dengan melakukan observasi di wilayah tesebut. Kemudian untuk mendapatkan informasi lebih, peneliti melakukan wawancara kepada beberapa sumber dari pihak Klenteng Hok Tik Bio dan Gereja Kristen Muria Indonesia. Selain itu, peneliti juga menggunakan data sekunder seperti buku, jurnal, serta dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Setelah data-data yang dibutuhkan peneliti terkumpul, selanjutnya peneliti mengolah dan menganalisa data untuk mengetahui bagaimana relasi sosial antar pengurus klenteng Hok Tik Bio dengan Jemaat Gereja Kristen Muria Indonesia. Dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa relasi sosial yang terjalin antara Klenteng Hok Tik Bio dengan Gereja Kristen Muria Indonesia Pati adalah relasi sosial yang berjalan dengan baik dengan adanya sikap saling menjaga satu dengan yang lain untuk menghindari terjadinya konflik dan tetap menjalin kerukunan yang telah lama terbangun di antara keduanya. Hubungan keduanya dapat berlangsung baik dengan adanya sikap toleransi, saling menjaga hubungan dengan saling memegang prinsip dari masing-masing keyakinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Relasi Sosian; Kerukunan Beragama; Kesetiakawanan Sosial
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 260 Christian social theology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 260 Christian social theology > 261 Social theology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 02 Nov 2021 02:51
Last Modified: 02 Nov 2021 02:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13529

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics