Implementasi peace education di pesantren Nurul Huda V di Desa Gingging Sumenep

Al Romsi, Naufil (2021) Implementasi peace education di pesantren Nurul Huda V di Desa Gingging Sumenep. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1404036005_NAUFIL AL ROMSI_SKRIPSI lengkap.pdf] Text
1404036005_NAUFIL AL ROMSI_SKRIPSI lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pesantren merupakan pendidikan khas nusantara memiliki peran penting dalam menyemaikan nilai-nilai damai.Karenanya pesantren merupakan salah satu basis baik secara diskursif maupun moral praktis dalam menyemai nilai damai di Indonesia. Konsep tawasuth, tasamuh, dan tawazun yang melekat dalam dunia pesantren merupakan bukti nyata bahwa pesantren merupakan institusi yang menyemaikan nilai-nilai damai. Oleh sebab itu yang menjadi ketertarikan peneliti untuk mengankat judul “Implementasi Peace Education di Pesantren Nurul Huda V di Desa Gingging, Sumenep” penelitian ini mengambil rumusan masalah yaitu, 1) bagaimana konsep dan prinsip peace education di pesantren Nurul Huda V Gingging, Sumenep? 2) bagaimana implementasi peace education di pesantren Nurul Huda V Gingging, Sumenep? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan bersifat kualitatif, sementara sumber data yang digunakanan dalam penelitian ini ada dua yaitu, data primer yang merupakan hasil dari temuan di lapangan dan data sekunder yang merupakan pendukung dari penelitian ini seperti literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data terbagi menjadi tiga hal yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya metode analisis data yang digunakan peneliti adalah metode analisis deskriptif dengan cara membaca, menelaah, dan mempelajari data yang sudah diperoleh di lapangan. Temuan dari hasil penelitian ini peneliti menunjukkan: 1) pesantren merupakna salah satu wadah dalam mengimplementasikan peace education. Peace education sendiri merupakan sebuah proses untuk mendapatkan pengetahun,pengembangan sikap dan tingkah laku agar dapat saling menghormati. 2) pesantren Nurul Huda V sangat menerapkan peace education yang dititikberatkan oleh UNICEF yaitu, knowledge (pengetahuan), skill (keterampilan), values (nilai), attitude (sikap).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peace Education; Toleransi Beragama; Pondok Pesantren Nurul Huda V
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 205 Religious Ethics
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 02 Nov 2021 03:25
Last Modified: 02 Nov 2021 03:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13530

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics