Evaluasi program kecakapan dasar siswa madrasah (KDSM) di MA Darussalam Subah

Kamilatunnisa, Kamilatunnisa (2021) Evaluasi program kecakapan dasar siswa madrasah (KDSM) di MA Darussalam Subah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1403036006_Kamilatunnisa] Text (Skripsi_1403036006_Kamilatunnisa)
1403036006_KAMILATUNNISA_FULL SKRIPSI - mila kamila.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di dasarkan pada pentingnya pendidikan agama bagi setiap siswa oleh setiap satuan pendidikan yang harus mulai diperhatikan. Karena salah satu masalah yang terjadi di era sekarang ini ialah siswa-siswi sekolah yang belum cakap dalam bidang ilmu agama. MA Darussalam Subah salah satu lembaga pendidikan yang memikirkan hal tersebut. MA Darussalam Subah memiliki program Kecakapan Dasar Siswa Madrsah (KDSM) yang diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut.
Program Kecakapan Dasar Siswa Madrasah (KDSM) tersebut berisi tentang penguatan materi-materi keagamaan, khususnya mencakup materi Fiqih sehari-hari. Akan tetapi program tersebut belum pernah dilakukan evaluasi. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi untuk mengatahui seberapa efektifkah program KDSM tersebut. Evaluasi yang akan dilaksanakan adalah dengan mengunakan model evaluasi CIPP (Context, Process, Input dan Product).
Penelitian ini mengambil fokus pada permasalahan: (1) Bagaimana hasil evaluasi program Kecakapan Dasar Siswa Madrasah (KDSM) di MA Darussalam Subah ditinjau dari Context, Input, Process dan Product? (2) Bagaimana tindak lanjut dari hasil evaluasi program Kecakapan Dasar Siswa Madrasah (KDSM) di MA Darussalam Subah ? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Peneliti mengobservasi proses pelaksanaan program KDSM serta menyebarkan kuesioner untuk kemudian diperoleh data dan selanjutnya dianalisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada evaluasi konteks, program KDSM sudah menunjukkan hasil yang cukup baik. Hasil evaluasi masukan pada penyelenggara program KDSM memperoleh kategori baik, dengan hasil rata-rata sebesar 4,20. Hasil evaluasi proses pada program KDSM secara keseluruhan memperoleh hasil rata-rata 4,14, sehingga termasuk dalam kategori baik. Hasil evaluasi produk pada program KDSM mendapat kategori baik, dengan hasil rata-rata 4,20. Hasil keseluruhan evaluasi menujukkan baik, sehingga program KDSM di MA Darussalam dapat dilanjutkan namun masih perlu adanya perbaikan-perbaikan di beberapa komponen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecakapan dasar siswa; Pelajaran agama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 13 Nov 2021 01:46
Last Modified: 13 Nov 2021 01:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13531

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics