Manajemen mutu pembelajaran agama Islam di MI NU 15 Jambearum Patebon Kendal

Siti, Maghfiroh (2021) Manajemen mutu pembelajaran agama Islam di MI NU 15 Jambearum Patebon Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM_1403036009_Skripsi Lengkap] Text (NIM_1403036009_Skripsi Lengkap)
Siti Maghfiroh (1403036009) skripsi full - Siti Maghfiroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mutu pelaksanaan pembelajaran Agama Islam di MI NU 15 Jambearum. Kajiannya dilatarbelakangi oleh mutu pelaksanaan pembelajaran yang seringkali belum efektif, sehingga kualitas pembelajaran perlu dilaksanakan untuk membantu guru dalam rangka meningkatkan kinerjanya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1)Bagaimana mutu perencanaan pembelajaran di MI NU 15 Jambearum ? (2) Bagaimana mutu pelaksanaan, (3) Bagaimana mutu evaluasi pembelajaran di MI NU 15 Jambearum ? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Semua datanya dianalisis dengan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan Mutu pembelajaran Agama Islam di MI NU 15 Jambearum di mulai dengan penyusunan program kerja. Penyusunan program kerja dilaksanakan pada awal tahun pembelajaran yang di dalamnya berisi tentang perencanaan pembelajaran tiap proses pembelajaran. (2)Pelaksanaan Mutu pembelajaran Agama Islam di MI NU 15 Jambearum yang dilaksanakan oleh guru Madrasah. Pelaksanaannya dilakukan setiap hari pada saat kegiatan proses pembelajaran. (3) Dalam melaksanakan Evaluasi Mutu pembelajaran Agama Islam di MI NU 15 Jambearum, guru melakukan tes untuk peserta didik, baik tes tertulis, lisan, maupun perbuatan yang dilakukan oleh peserta didik pada saat pembelajaran. mengajar dan memantapkan rencana pembelajaran sebelum kegiatan belajar mengajar. Dalam mengawasi evaluasi mutu pelaksanaan pembelajaran PAI, kepala madrasah melaksanakan beberapa pembinaan diantaranya; a) mengadakan pelatihan-pelatihan, b) mengembangkan strategi dan media, d) menilai, dan revisi. Dan terakhir yang dilakukan kepala madrasah sebagai supervisor adalah membuat laporan setiap semester dan setiap tahun terkait dengan pelaksanaan yang sudah dilakukan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Mutu; Pembelajaran Agama Islam; Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 13 Nov 2021 01:38
Last Modified: 13 Nov 2021 01:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13533

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics