Manajemen penyiaran program agama Islam di Gajah Mada FM

Roihani, Iqlima (2021) Manajemen penyiaran program agama Islam di Gajah Mada FM. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401026009_IQLIMA ROIHANI_SKRIPSI LENGKAP] Text (1401026009_IQLIMA ROIHANI_SKRIPSI LENGKAP)
1401026009_Iqlima Roihani_Full Skripsi - iqlima roihani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Radio Gajahmada FM bukanlah radio bernafas religi namun dengan misi melakukan siaran dengan memberikan yang terbaik bagi pendengar. Radio Gajahmada FM menyuguhkan beberapa program agama Islam dimana mayoritas pendengar nya adalah beragama Islam. Berdakwah melalui radio membutuhkan suatu manajemen terutama dalam manajemen penyiaran yang memadai agar dakwah yang disampaikan dapat efektif dan efisien sehingga dakwah yang disampaikan tidak sia sia.
Penelitian ini membahas tentang manajemen penyiaran program Agama Islam di Radio Gajahmada FM. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu pendakatan yang menggambarkan secara sistematis dan lebih menekankan kepada pengamatan, wawancara dan penelaahan data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang ada di olah menggunakan analisis deskriptif.
Hasil dari penelitian ini adalah Radio Gajahmada FM telah menerapkan fungsi manajemen penyiaran berupa perencanaan (Planning), pengorganisaisan (Organizing), pengarahan (Actuating), dan pengawasan (Controlling). (1)Perencanaan yang dilakukan meliputi perencanaan strategis dan perencanaan operasional, perencanaan operasional sudah berjalan namun kurang maksimal dimana hasil dan efektivitas dari program tersebut kurang diperhatikan. (2)Pengorganisasian dalam radio terbilang sederhana begitupula Radio Gajahmada FM. (3)Pengarahan yang diberikan manajer program tidak dibedakan dengan tujuan agar seluruh program pada radio Gajahmada FM dapat berkembang. (4)Pengawasan dilakukan secara berkala agar crew dapat bertanggung jawab terhadap jobdisk yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perencanaan (Planning); Pengorganisaisan (Organizing); Pengarahan (Actuating); Pengawasan (Controlling); Radio; Manajemen; Penyiaran; Agama Islam; Dakwah; Program radio
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 13 Nov 2021 01:40
Last Modified: 13 Nov 2021 01:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13534

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics