Stereotip perempuan dalam film “Kartini”

Khoirunnisa, khoirunnisa (2020) Stereotip perempuan dalam film “Kartini”. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401026045_KHOIRUNNISA_SKRIPSI LENGKAP] Text (1401026045_KHOIRUNNISA_SKRIPSI LENGKAP)
1401026045_KHOIRUNNISA_FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Film “Kartini” karya sutradara Hanung Bramantyo adalah film yang diangkat dari kisah nyata kehidupan pahlawan emansipasi perempuan Indonesia bernama Raden Ajeng Kartini. Film ini menceritakan bagaimana keadaan perempuan Jawa saat itu, Kartini berjuang demi meraih cita-citanya yaitu menyetarakan hak kaum perempuan dan laki-laki.
Penelitian ini menganalisis mengenai stereotip perempuan dalam film berjudul “Kartini” karya Hanung Bramantyo, dengan ditandai kalimat dan gambar-gambar yang terdapat dalam scene-scene yang ada didalamnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagiamana stereotip perempuan yang digambarkan didalam film “Kartini” tersebut. Penelitian ini bersifar deskripstif kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes dengan konotasi, denotasi dan mitos, dengan analisis tersebut peneliti dapat memahami pesan berupa tanda dan simbol yang tersurat meupun tersirat dalam audio dan visual dalam film “Kartini”.
Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya 3 stereotip yang terbentuk dalam film “Kartini”. Pertama, stereotip perempuan sebagai pilar rumah tangga. Kedua, stereotip perempuan sebagai pesolek atau orang yang suka berdandan dan pemikat pria. Ketiga, stereotip perempuan sebagai sosok yang dinomer duakan sesudah laki-laki atau the second class.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Film; Stereotip Perempuan; Analisis Semiotika; Kartini
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups > 305.4 Women
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 27 Nov 2021 02:38
Last Modified: 27 Nov 2021 02:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13535

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics