Pengaruh hedonic consumption tendency, fashion involvement dan visual merchandising terhadap consumer buying decision fashion muslim di swalayan Luwes Pati

Astuti, Septia Dwi (2021) Pengaruh hedonic consumption tendency, fashion involvement dan visual merchandising terhadap consumer buying decision fashion muslim di swalayan Luwes Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026056_Septia_Dwi_Astuti] Text (Skripsi_1705026056_Septia_Dwi_Astuti)
Skripsi_1705026056_Septia_Dwi_Astuti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Bisnis fashion muslim merupakan salah satu bisnis fashion yang tengah mengalami pertumbuhan cepat pada masa ini. Perubahan tren fashion muslim yang bergerak dengan cepat menjadi salah satu pilar dari masyarakat konsumsi. Kondisi tersebut memberikan peluang bisnis ritel modern untuk menjadikan produk fashion muslim menjadi probabilitas usaha yang prospektif. Tidak sedikit orang yang menghabiskan waktu dan uang untuk mempercantik penampilan dengan mengikuti perkembangan trend fashion muslim yang beredar di masyarakat. Kecenderungan konsumen yang bersifat hedonic akan memunculkan tingkat ketertarikan dan keterlibatan fashion yang tinggi. Munculnya ketertarikan dan keterlibatan fashion dipengaruhi oleh desain dan tampilan toko yang menarik atau disebut dengan visual merchandising. Hal inilah yang memotivasi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian terhadap produk fashion muslim.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dan menguraikan pengaruh kecenderungan konsumsi hedonis, keterlibatan fashion dan visual merchandising terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk fashion muslim Swalayan Luwes Pati. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen Swalayan Luwes Pati yang pernah melakukan pembelian produk fashion muslim. Pengumpulan data dikerjakan dengan mendistribusikan angket kepada 100 responden. Teknik dalam mengambil sampel menerapkan teknik Accidental Sampling. Metode yang digunakan untuk analisis adalah uji analisis regresi liniear berganda.
Hasil penelitian ini menjukkan bahwa secara parsial melalui uji T ketiga varibel berpengaruh positif dan signifikan terhadap consumer buying decision. Variabel hedonic consumption tendency berpengaruh positif dan signifikan terhadap consumer buying decision karena nilai thitung ≥ ttabel yaitu 2,484 ≥ 1,985 dan nilai signifikansi yang dihasilkan 0,015 ≤ 0,05. Variabel fashion involvement berpengaruh positif dan signifikan terhadap consumer buying decision karena nilai thitung ≥ ttabel yaitu 2,710 ≥ 1,985 dan nilai signifikansi yang dihasilkan 0,008 ≤ 0,05. Variabel visual merchandising berpengaruh positif dan signifikan terhadap consumer buying decision karena nilai thitung ≥ ttabel yaitu 3,879 ≥ 1,985 dan nilai signifikansi yang dihasilkan 0,000 ≤ 0,05. Secara simultan berdasarkan uji F menentukan bahwa hedonic consumption tendency, fashion involvement dan visual merchandising secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap consumer buying decision karrena nilai fhitung ≥ ftabel yaitu 15,568 ≥ 2,47 dengan nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05. Sedangkan, nilai koefisien determinasi (R square) menjelaskan bahwa hedonic consumption tendency, fashion involvement dan visual merchandising memiliki pengaruh terhadap consumer buying decision sebesar 32,7% dan sisanya yaitu 67,3% mendapat pengaruh dari variabel lain yang tidak dicantumkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hedonic consumption tendency; Fashion involvement; Visual merchandising; Consumer buying decision; Fashion muslim; Swalayan
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Nov 2021 01:22
Last Modified: 03 Nov 2021 02:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13556

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics