Analisis strategi marketing mix 7P dalam upaya menarik minat customer di hotel Namira Syariah Pekalongan dalam perspektif pemasaran Islam

Nabilla, Farah (2020) Analisis strategi marketing mix 7P dalam upaya menarik minat customer di hotel Namira Syariah Pekalongan dalam perspektif pemasaran Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026059_Farah_Nabilla] Text (Skripsi_1705026059_Farah_Nabilla)
Skripsi_1705026059_Farah_Nabilla.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Hotel Namira Syariah merupakan hotel pertama di Pekalongan yang mengusung konsep syariah. Namun, dari tahun ke tahun semakin banyak bermunculan hotel-hotel syariah ataupun kovensional yang berdiri tidak jauh dengan lokasi hotel namira syariah Pekalongan. Hal ini menjadi sebuah permasalahan bagi hotel namira karena banyaknya pesaing hotel dengan lahan yang lebih luas dan fasilitas yang lebih lengkap membuat para wisatawan akan lebih berpikir untuk memilih penginapan yang lebih tepat. Namun, hotel namira syariah Pekalongan akan tetap berusaha semaksimal mungkin untuk bersaing dengan cara memperkuat dan mematangkan strategi pemasaran yang akan diambil guna manarik minat customer dan mempertahankan pelanggan. Kendala yang sering dialami hotel namira syariah Pekalongan untuk menetapkan strategi pemasaran adalah kurangnya informasi tentang perilaku konsumen yang akurat, sehingga pihak hotel namira syariah perlu mencari tahu bagaimana perilaku konsumen dan apa yang dibutuhkan konsumen dengan cara mendekatkan diri kepada customer baru ataupun pelanggan guna menarik minat customer dan mempertahankan pelanggan.
Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran hotel namira syariah dalam upaya menarik minat customer? Dan bagaimana strategi pemasaran pemasaran hotel namira syariah dalam upaya menarik minat customer dalam prespektif ekonomi islam? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran hotel namira syariah dalam upaya menarik minat customer dan apakah sudah sesuai dengan perspektif ekonomi Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. sumber data primer ialah pihak Hotel Namira Syariah Pekalongan. Data sekunder dalam penelitian ini terdiri atas struktur organisasi data kearsipan, dokumen, laporan-laporan serta buku-buku lain sebagainya yang berkenaan dengan penelitian ini. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan metode deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah strategi pemasaran yang dilakukan oleh Hotel Namira Syariah Pekalongan adalah dengan menggunakan aplikasi bauran pemaran 7P yang terdiri dari product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence yang tidak bertentangan dengan syariat ekonomi islam. Hotel Namira Syariah Pekalongan mengembangkan strategi pemasaran khusus yang mampu menarik minat customer dengan cara membedakan pelayanan dan aturan yang diberlakukan agar berbeda dengan hotel-hotel konvensional, selain itu customer merasa aman dan nyaman karena telah melakukan proses muamalah yang berlandaskan syari’ah dan tentunya terhindar dari zina karena ketatnya seleksi penerimaan tamu di Hotel Namira Syariah Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Marketing mix 7P; Minat konsumen; Hotel syariah; Pemasaran Islam
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Nov 2021 02:30
Last Modified: 03 Nov 2021 02:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13558

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics