Strategi fundraising wakaf berbasis wakaf online di Daarut Tauhiid (DT) peduli Jawa Tengah

Azizah, Hani (2021) Strategi fundraising wakaf berbasis wakaf online di Daarut Tauhiid (DT) peduli Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705026074_HANI_AZIZAH] Text (SKRIPSI_1705026074_HANI_AZIZAH)
SKRIPSI_1705026074_HANI_AZIZAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Daarut Tauhiid Peduli Jawa Tengah adalah bagian dari salah satu lembaga amil zakat nasional yang berada di kota Semarang. Selain menghimpun dana zakat infaq sadaqah juga menghimpun dana wakaf yang ada di masyarakat. Dengan perkembangan digital yang semakin maju kegiatan fundraising wakaf yang dilakukan juga semakin berkembang salah satunya dengan menerapkan fundraising wakaf secara online. Namun setelah pembayaran wakaf online diterapkan dana yang terkumpul melalui layanan online jumlahnya masih dibawah penerimaan dari dana wakaf yang dilakukan secara offline pengecualian pada tahun 2020 yang mengalami peningkatan cukup tinggi. Seharusnya dengan adanya kemudahan layanan online yang telah disediakan mampu menghimpun dana wakaf yang lebih besar daripada sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami secara mendalam mengenai strategi yang dilakukan Daarut Tauhiid Peduli Jawa Tengah dalam fundraising wakaf berbasis wakaf online.
Metode penelitiannya adalah deskriptif kualitatif data diperoleh dilapangan. Sumber data yang digunakan adalah data primer melalui observasi, wawancara dan laporan dalam bentuk dokumen, selain itu juga menggunakan data sekunder berupa referensi dari buku maupun jurnal yang berkaitan dengan objek penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya strategi fundraising wakaf berbasis wakaf online di Daarut Tauhiid Peduli Jawa Tengah terdiri dari beberapa tahapan diantaranya yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan tahap pelaporan. Serta dalam pelaksanaan strategi fundraising wakaf berbasis wakaf online yang dijalanakan tidak dapat terlepas dari berbagai hambatan yang di hadapi seperti pencapaian target yang belum maksimal, kurangnya pemahaman dalam pembayaran wakaf secara online serta sulitnya dalam mencari wakif baru. Oleh karena itu diperlukan berbagai solusi yang dapat mengatasi berbagai hambatan yang ada melalui pengaturan kembali mengenai strategi fundraising yang telah dibuat, kemudian memberikan pemahaman dan pendampingan dalam penggunaan layanan wakaf online serta terus melakukan sosialisasi yang lebih inovatif dalam menghimpun para wakif baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi fundraising; Wakaf; Wakaf online; Daarut Tauhiid (DT)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Nov 2021 03:47
Last Modified: 03 Nov 2021 03:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13564

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics