Peran KOJAI dalam pemberdayaan pengusaha jamu tradisional Sukoharjo

Kosasih, Osama Donny (2021) Peran KOJAI dalam pemberdayaan pengusaha jamu tradisional Sukoharjo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026077_Osama_Donny_Kosasih] Text (Skripsi_1705026077_Osama_Donny_Kosasih)
Skripsi_1705026077_Osama_Donny_Kosasih.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

UMKM sebagai sektor ekonomi yang sangat penting dan berpotensi besar bagi kemakmuran bangsa perlu untuk dibersamai perkembangannya terutama UMKM kreatif kearifan lokal. UMKM di Indonesia ternyata belum cukup mampu untuk mewujudkan kesejahteraan sehingga perlu adanya pemberdayaan. pemberdayaan yang efektik mampu tercipta dengan memanfaatkan fungsi kelompok. Hal ini diyakini dapat mewujudkan efisiensi dan efektifitas jalannya pemberdayaan terutama bagi UMKM kreatif kearifan lokal yang keberadaan dan tantangannya memiliki keunikan. Kondisi ketidakberdayaan dialami oleh pengusaha jamu tradisional sukoharjo di masa modern. KOJAI sebagai kelompok bagi pengusaha jamu tradisional secara aktif menjadi garda terdepan dalam mendorong eksistensinya jamu tradisional sukoharjo dengan mengupayakan keberdayaan pengusaha jamu sukoharjo hingga KOJAI banyak menoreh prestasi dan apresiasi. Bertolak dari pentingnya kelompok bagi proses pemberdayaan dan pencapaian-pencapaian yang diperoleh KOJAI, maka perlu untuk diketahui bagaimana peran KOJAI dalam pemberdayaan Jamu Tradisional di Sukoharjo.
Penelitian ini merupakan sebuah field research atau penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif sebagai pendekatannya. Sementara untuk pemaparan penelitian ini menggunakan analisis deskriptif analitis demi mengetahui bagaimana bentuk pemberdayaan penjual jamu anggota Koperasi Jamu Indonesia dan bagaimana pemberdayaan itu dalam tinjauan pemberdayaan umat. Penelitian ini menggunakan dua sumber data yakni primer dan sekunder. Data primer adalah hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi dan data sekundernya adalah referensi yang diambil dari buku, jurnal penelitian, dokumen pemerintah, dan teori-teori yang menjadi ruang lingkup penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian yang difokuskan pada efektifitas strategi empowerment membuahkan hasil bahwa pemberdayaan yang dilakukan KOJAI sangatlah efektif dan menyeluruh mendekati kata sempurna. Upaya pemberdayaan yang besar maupun kecil baik secara mandiri ataupun kolektif telah dilakukan KOJAI demi mengangkat kesejahteraan anggotanya dan terbukti memenuhi indikator keberhasilan pemberdayaan serta telah sesuai dengan pemberdayaan umat. Akan tetapi pemberdayaan yang dilakukan KOJAI kurang menyentuh sisi manajemen organisasi sehingga hal ini menyebabkan KOJAI mendapati sisi ketidakberdayaan. KOJAI perlu melakukan pengkapasitasan organisasi dan sistem nilai yakni dengan cara membentuk struktural organisasi yang disesuaikan terhadap kebutuhan, fungsi, dan masalah yang dihadapi dan memberlakukan regenerasi dan/atau pengkaderan kepemimpinan. Upaya ini memang tidak secara langsung mempengaruhi peran KOJAI bagi pengusaha jamu tradisional sukoharjo. Akan tetapi bila tidak segera dilakukan perbaikan, maka hal ini dapat berpengaruh pada redupnya peran KOJAI di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Koperasi Jamu Indonesia (KOJAI); Pemberdayaan umat; Pengusaha jamu tradisional
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Nov 2021 03:59
Last Modified: 03 Nov 2021 03:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13565

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics