Analisis kondisi perekonomian masyarakat muslim pasca abrasi Pantai Maron : studi kasus Kelurahan Tugurejo Kecamatan Tugu Kota Semarang

Rizqoh, Itsna Tifani Barokatur (2020) Analisis kondisi perekonomian masyarakat muslim pasca abrasi Pantai Maron : studi kasus Kelurahan Tugurejo Kecamatan Tugu Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026084_Itsna_Tifani_ BR] Text (Skripsi_1705026084_Itsna_Tifani_ BR)
SKRIPSI_1705026081_MILHATUN_NISA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Berawal dari adanya abrasi di tahun 2010 di Pantai Maron Kelurahan Tugurejo Kecamatan Tugu Kota Semarang membuat banyak perubahan di sana. Abrasi yang membawa banyak perubahan menarik untuk diteliti sejauh mana abrasi tersebut mempengaruhi daerah tersebut terkhusus masyarakat muslim.
Rumusan masalahnya ingin mengetahui proses perubahan masyarakat pantai maron pasca terjadinya abrasi dan analisis kondisi perekonomian masyarakat muslim Pantai Maron pasca abrasi yang ada di di Kelurahan Tugurejo Kecamatan Tugu Kota Semarang.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Data primer bersumber dari wawancara,observasi, dan dokumentasi. Sedangkan data skunder bersumber dari buku-buku dan literasi lain yang mendukung kemudian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan maka menghasilkan data yaitu: 1) masyarakat muslim merasakan banyak perubahan seperti pada bidang lingkungan dan sosial masyarakat. 2) Dapat dikatakan bahwa abrasi tidak memiliki dampak yang besar untuk perekonomian masyarakat Kelurahan Tugurejo Kecamatan Tugu Kota Semaran. Alasan tersebut karena dari total RW yang ada di sana hanya terdapat satu RW yang terdesak perekonomiannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kondisi perekonomian; Masyarakat muslim; Abrasi pantai
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Nov 2021 06:31
Last Modified: 03 Nov 2021 06:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13568

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics