Toleransi kehidupan beragama pada masa Nabi Muhammad

Khusna, Jazaul (2020) Toleransi kehidupan beragama pada masa Nabi Muhammad. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1404036016_JAZAUL KHUSNA-SKRIPSI FULL.pdf] Text
1404036016_JAZAUL KHUSNA-SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Toleransi Kehidupan Beragama Pada Masa Nabi Muhammad. Kajiannya dilatar belakangi oleh keberagamaan agama pada masyarakat di masa Nabi Muhammad, dan dengan keberagaman tersebut Nabi Muhammad mampu bersikap toleran terhadap rakyatnya. Beberapa sikap toleransi beliau menjadi pusat latar belakang dari penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk memberikan gambaran bagaimana kondisi keagamaan masyarakat pada masa Nabi Muhammad. 2) untuk memberikan gambaran bagaimana bentuk toleransi antar umat beragama pada masa Nabi Muhammad. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data atau bahan-bahan yang berkaitan dengan tema pembahasan dan permasalahannya yang diambil dari sumber-sumber kepustakaan, dalam hal ini ada dua sumber, yaitu: sumber primer dan sumber sekunder. Guna mencari jawaban dari beberapa permasalahan yang ada di atas, maka digunakan metode dokumenter. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Kondisi masyarakat Arab pada masa Nabi Muhammad amat kacau, mereka dalam keadaan terpuruk dari sisi ekonomi, sosial dan keagamaan. Banyak diantara mereka yang mengalami krisis ekonomi dan mereka juga memiliki berbagai macam agama. 2) Toleransi antar umat beragama pada masa Nabi Muhammad dipelopori oleh beliau sendiri, yaitu dengan bersikap adil, humanis dan menghormati antar agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Toleransi Beragama; Kehidupan Beragama, Nabi Muhammad
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 204 Religious experiences, life, practice
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 03 Nov 2021 07:24
Last Modified: 03 Nov 2021 07:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13570

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics