Gambaran pemahaman terhadap konsep moderasi beragama di kalangan mahasiswa prodi Studi Agama-Agama UIN Walisongo Semarang: studi kasus mahasiswa Prodi Studi Agama-Agama Angkatan 2018)

Mustafidah, Nailul (2020) Gambaran pemahaman terhadap konsep moderasi beragama di kalangan mahasiswa prodi Studi Agama-Agama UIN Walisongo Semarang: studi kasus mahasiswa Prodi Studi Agama-Agama Angkatan 2018). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1704036001_NAILUL MUSTAFIDAH_FULL SKRIPSI.pdf] Text
1704036001_NAILUL MUSTAFIDAH_FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Moderasi beragama di kalangan mahasiswa harus digaungkan dengan lantang oleh semua lini. Civitas akademika mulai dari dosen, pegawai, hingga mahasiswanya di suatu universitas. Hal ini selaras dengan seruan dari Kemenag RI untuk melakukan pengarusutamaan sikap Moderasi beragama di lingkungan universitas. Pengarusutamaan moderasi beragama dilingkup universitas bukan tanpa alasan. Ini dikarenakan bahwa ancaman paham radikalisme sudah banyak menjangkiti para kaum remaja-dewasa dilingkup universitas. Dalam usia remaja-dewasa, usia tersebut masih dalam masa pencarian jati diri. Fase itu menjadikan para mahasiswa rentan terpengaruhi paham radikalisme. Agar tak terjangkiti paham radikalisme yang merusak tersebut, maka pemahaman akan sikap Moderasi Beragama adalah salah satu tamengnya. Mahasiswa prodi Studi Agama Agama yang notabene dibentuk menjadi agen perdamaian melalui matakuliah-matakuliah yang diajarkan apakah telah menjadikan mereka paham dengan konsep moderasi beragama? Yang mana tujuan konsep moderasi beragama juga selasar dengan matakuliah-matakuliah di Prodi SAA tersebut. Maka dalam penelitian ini, peneliti akan meneliti bagaiamana para mahasiswa prodi SAA UIN Walisongo Semarang Memahami konsep Moderasi Beragama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Moderasi Beragama, Mahasiswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 204 Religious experiences, life, practice
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 03 Nov 2021 07:40
Last Modified: 03 Nov 2021 07:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13571

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics