Analisis framing terhadap berita pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia di situs berita online kompas.com dan tirto.id

Barokah, Suci Nur (2021) Analisis framing terhadap berita pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia di situs berita online kompas.com dan tirto.id. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401026094_SUCI NUR BAROKAH_SKRIPSI LENGKAP] Text (1401026094_SUCI NUR BAROKAH_SKRIPSI LENGKAP)
1401026094_Suci Nur Barokah_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitiaan ini adalah adanya pemberitaan pembubaran HTI yang menjadi headline news di beberapa media online. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan, mendeskripsikan dan menganalisis frame yang dibuat oleh situs berita online kompas.com dan tirto.id dalam memberitakan pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia. Untuk mengetahui frame apa yang ditampilkan dalam memberitakan pembubaran HTI, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis framing. Adapun model analisis framing yang digunakan penulis adalah model Robert Entman yang mana untuk mengetahui frame suatu berita dapat diketahui melalui empat elemen framing, yaitu: 1) bagaimana realitas didefinisikan, 2) siapa sumber masalahnya, 3) klaim moral apa yang diberikan, dan 4) tawaran rekomendasi apa yang diberikan. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari pemberitaan pembubaran HTI pada tanggal 19 Juli 2017 di kompas.com sebanyak 7 berita dan tirto.id sebanyak 16 berita.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompas.com mendukung langkah pemerintah dalam pembubaran HTI sedangkan tirto.id dari sebagian besar pemberitaannya mendukung langkah pemerintah dalam pembubaran HTI tetapi tirto.id juga menyajikan pemberitaan yang kontra dengan langkah yang diambil oleh pemerintah. Seleksi isu dan penonjolan isu dari kompas.com dan tirto.id merupakan representasi dari ideologi yang dianut oleh masing-masing media tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Situs Berita Online; Pemberitaan; Framing Robert Entman; Pembubaran HTI
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 16 Nov 2021 06:55
Last Modified: 16 Nov 2021 06:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13573

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics