Komunikasi interaktif siaran dakwah (analisis program kajian sore pada radio DAIS 107.9 FM)

Annihrir, Ahmad Haidar (2021) Komunikasi interaktif siaran dakwah (analisis program kajian sore pada radio DAIS 107.9 FM). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401026114_AHMAD HAIDAR ANNIHRIR_SKRPSI LENGKAP] Text (1401026114_AHMAD HAIDAR ANNIHRIR_SKRPSI LENGKAP)
1401026114_Ahmad Haidar Annihrir_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pada perkembangan terkini sajian media komunikasi informasi menjadi bagian dari komoditas masyarakat. Penggunaan media teknologi yang semakin mudah dan transparansinya dalam memberikan sajian konten-konten negative dikhawatirkan dapat memberikan dampak negatif bagi masyarakat. Selain itu mobilitas masyarakat yang tinggi membuat sebagian besar waktu dari masyarakat habis untuk kegiatan bekerja. Sehingga membuat sebagian masyarakat tidak sempat untuk menghadiri kajian ilmu keagamaan. Maka perlu adanya solusi alternatif atau cara yang efektif dan efisien dalam menyampaikan pesan dakwah.
Skripsi dengan judul KOMUNIKASI INTERAKTIF SIARAN DAKWAH (Analisis Program Kajian Sore pada Radio DAIS 107.9 FM) merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana penggunaan komunikasi interaktif siaran dakwah pada program kajian sore radi DAIS 107.9 FM. Program siaran Kajian sore radio DAIS merupakan program siaran dakwah. dikemas dengan format interaktif. Format interaktif digunakan dengan maksud agar pendengar dapat terlibat saat siaran berlangsung. Pendengar dapat memberikan feedback atau umpan balik terhadap materi yang disampaikan pendengar. Feedback yang diberikan pendengar dapat melalui live telephone maupun pesan singkat SMS dan WhatsApp akan ditanggapi langsung oleh narasumber. Penggunaan format interaktif bertujuan untuk melibatkan langsung pendengar pada saat siaran dan juga menjadi alternatif sert solusi dalam menyampaikan pesan dakwah diera teknologi dan mobilitas masyarakat yang tinggi. Untuk menjawab tantangan diera digitalisasi seperti sekarang ini, Program kajian sore juga disiarkan secara live streaming yang bekerjasa sama dengan MAJT TV disiarkan melalui channel youtube dan juga media sosial Facebook dan Instagram.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif Miles and Hubermen. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan penulis terhadap program Kajian sore.
Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini program Kajian sore komunikasi interaktif pada siaran kajian sore radio dais terjadi dari awal hingga akhir acara yang melibatkan penyiar, narasumber dan juga pendengar. Setiap kali mengudara program kajian sore selalu mendapatkan feedback dari pendengar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: komunikasi interaktif; Dakwah; Program kajian sore; Siaran Radio
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 16 Nov 2021 06:56
Last Modified: 16 Nov 2021 06:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13576

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics