Pesan tasamuh (toleransi) dalam film “Mencari Hilal”

Yusuf, Andi Sofyan (2021) Pesan tasamuh (toleransi) dalam film “Mencari Hilal”. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401026116_ANDI SOFYAN YUSUF_LENGKAP] Text (1401026116_ANDI SOFYAN YUSUF_LENGKAP)
1401026116_ANDI SOFYAN YUSUF_LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Tasamuh (toleransi) menjadi elemen dasar yang dibutuhkan untuk menumbuh kembangkan sikap saling memahami dan menghargai perbedaan yang ada, serta menjadi entry point bagi terwujudnya suasana dialog dan kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat. Agar tidak terjadi konflik antar umat beragama, toleransi harus menjadi kesadaran kolektif seluruh kelompok masyarakat agar dapat terwujud kehidupan yang damai dalam bermasyarakat.
Film seringkali mengadopsi kehidupan masyarakat dari aspek geografis, sosial budaya, agama, moral, etika bahkan kehidupan politik juga menjadi inspirasi pesan dalam pemilihan tema film. Salah satu film yang mengangkat segi sosoal budaya serta agama adalah film Mencari Hilal karya Ismail Basbeth.
Film ini menceritakan tentang keinginan Mahmud (tokoh ayah) untuk melihat hilal secara langsung agar dapat menentukan akhir bulan Ramadhan. Dalam perjalannannya mencari hilal Mahmud ditemani oleh Heli (tokoh Anak) yang sangat berbeda dalam memahami Islam dengan Mahmud.
Sepanjang perjalanan mereka banyak menemukan perbedaan pemahamaan keagamaan. Perbedaan paham tersebut merupakan gambaran umum keagamaan Islam masyarakat Indonesia. Perbedaan paham keagamaan ini relatif penting sebagai bahan kajian, dan upaya untuk memahami perbedaan satu sama lain.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunkan adalah deskriptif dengan menggunakan analisis semiotik Roland Barthes. Yakni, analisis untuk mengamati peristiwa yang mengandung pesan tasamuh (toleransi), serta untuk mengetahui makna denotasi, makna konotasi dan mitos pada film Mencari Hilal. Hasil yang diperoleh dalam peelitia ini adalah:
1) terdapat pesan mengakui hak orang lain pada scene 28.
2) terdapat pesan menghormati keyakinan orang lain pada scene 28 dan scene 29.
3) terdapat pesan Agree In Disagrement pada scene 40.
4) terdapat pesan saling mengerti pada scene 31.
5) terdapat pesan kesadaran dan kejujuran pada scene 29 dan 31.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesan; Tasamuh; Toleransi; Film; Mencari Hilal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.61 Islamic leaders
300 Social sciences > 303 Social processes > 303.6 Conflict and conflict resolution
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 16 Nov 2021 06:58
Last Modified: 16 Nov 2021 06:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13577

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics