Strategi komunikasi dakwah ustadzah Dosmauli Simbolon terhadap masyarakat multiagama di Desa Kopeng Kabupaten Semarang

Nurmalisa, Diana Rahmawati (2021) Strategi komunikasi dakwah ustadzah Dosmauli Simbolon terhadap masyarakat multiagama di Desa Kopeng Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401026124_Diana Rahmawati Nurmalisa_SKRIPSI LENGKAP] Text (1401026124_Diana Rahmawati Nurmalisa_SKRIPSI LENGKAP)
1401026124_Diana Rahmawati_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi karya Diana Rahmawati Nurmalisa (1401026124) dengan judul “Dakwah Pada Masyarakat Multiagama (Strategi Komunikasi Ustadzah Dosmauli Simbolon Di Desa Kopeng)”, yang menjadi perumusan masalah dari penelitian ini yaitu Bagaimana strategi komunikasi Ustadzah Dosmauli Simbolon dalam berdakwah pada masyarakat Multiagama di Desa Kopeng Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang? Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui kegiatan-kegiatan dakwah yang dilakukan oleh da’i di tengah masyarakat multi agama dan untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan dalam dakwah di tengah masyarakat Desa Kopeng Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, sedangkan pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif yang bertujuan melukiskan secara sistematik fakta dan karekteristik bidang-bidang tertentu secara faktual dan cermat dengan menggambarkan keadaan atau status fenomena secara univariat. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa kegiatan-kegiatan dakwah yang dilakukan da’i di Desa Kopeng Kabupaten Semarang meliputi; dakwah bil hal, merintis kegiatan islami (Mengajar ngaji, Mengajari surat-surat pendek dan Praktek Sholat), (Yasinan dan Tahlilan), dan peringatan hari besar Islam. Da’i mengatakan untuk selalu saling menyayangi, menghormati dan menjaga persaudaraan (ukhuwah) sesama muslim maupun non muslim. Ketika kita saling menyayangi dan menghormati maka tidak akan ada yang namanya fanatisme dalam sebuah organisasi atau golongan. Kemudian ketika persaudaraan (ukhuwah) sesama kaum muslim dieratkan atau dikuatkan maka tidak akan ada lagi perpecahan antar umat Islam itu sendiri. Kemudian, dakwah menggunakan strategi komunikasi (dakwah bil lisan) mengucapkakn perkataan-perkataan jujur,sopan, dan baik. Strategi tersebut yang diterapkan oleh da’i dalam kegiatan dakwahnya di tengah masyarakat Desa Kopeng Kabupaten Semarang yaitu : Pertama, strategi mengenal khalayak yang ada di Desa Kopeng Kabupaten Semarang dengan cara melakukan silaturahmi ke rumah rumah yang ada di desa tersebut. Dalam kunjungan tersebut disisipkan pokok-pokok ajaran Islam didalamnya. Dengan demikian, masyarakat dapat menerima dakwah Islam dan agama Islam menjadi agama mayoritas di Desa Kopeng. Kedua, strategi penyusunan pesan supaya mudah ditangkap dan dipahami oleh masyarakat di Desa Kopeng. Dengan begitu masyarakat dengan mudah menerima dahwah yang disampaikan oleh Da’i. Ketiga, strategi penetapan metode dengan menggunakan dakwah bil hal dan dakwah bil lisan. Dengan penyampaian dakwah secara lisan dan diiringi dengan tindakakn atau perilaku yang baik bisa menjadi contoh masyarakat desa kopeng. Strategi ini terlihat dalam kegiatan dakwah bil hal dan juga kegiatan mau’idhoh hasanah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Strategi Komunikasi; Multi Agama; Ustadzah Dosmuli Simbolon
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 17 Nov 2021 03:24
Last Modified: 17 Nov 2021 03:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13579

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics