Peran badan usaha milik desa (bumdes) dalam pemberdayaan masyarakat: Studi kasus di Desa Pekalongan Kecamatan Winong Kabupaten Pati

Septya K., Adinda (2021) Peran badan usaha milik desa (bumdes) dalam pemberdayaan masyarakat: Studi kasus di Desa Pekalongan Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1706026071_Adinda Septya K._Skripsi Lengkap.pdf] Text
1706026071_Adinda Septya K._Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pemerintah Desa Pekalongan mendirikan BUMDes Kencana Mandiri sebagai lembaga pemberdaya ekonomi lokal dengan potensi Desa Pekalongan. Desa Pekalongan dapat dikatakan sebagai pusat keramaian karena banyak lembaga pendidikan dan pondok pesantren. Di samping itu, banyak warga yang memiliki home industry atau pertokoan yang memanfaatkan keadaan Desa Pekalongan yang berada di wilayah strategis dengan letak geografis dijalan raya Winong-Pucakwangi. Hal ini dimanfaatkan sebagai potensi yang dapat diberdayakan melalui program-program yang dijalankan oleh BUMDes Kencana Mandiri. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk-bentuk program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang kontributif terhadap pemberdayaan masyarakat di Desa Pekalongan, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat BUMDes dalam pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memahami fenomena yang dialami subyek penelitian di lapangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif, dan menggunakan teori pemberdayaan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran BUMDes Kencana Mandiri dalam pemberdayaan masyarakat berperan dalam pembangunan dan pengembangan potensi dan kapasitas ekonomi masyarakat desa untuk meningkatkan kesejahteraan sosial serta berperan aktif dalam upaya peningkatan kualitas manusia. Kehidupan dan masyarakat berperan dalam meningkatkan perekonomian rakyat sebagai tumpuan kekuatan dan ketahanan ekonomi dengan BUMDes sebagai pondasinya dan berupaya mewujudkan dan mengembangkan perekonomian masyarakat desa melalui program-program yang dilakukan BUMDes seperti; bank sampah, pengelolaan sampah, dan kemitraan atau kerjasama dapat memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat. Selain itu, meningkatkan semangat wirausaha dalam aspek yang lebih luas, meningkatkan kreatifitas dan inovasi masyarakat dalam berwirausaha serta ketergantungan masyarakat pada masyarakat lainnya mulai menghilang. Adanya peran BUMDes dalam memberdayakan masyarakat desa terdapat faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi baik internal maupun eksternal. Faktor pendukung dalam lingkungan internal yaitu pada pelayanan, memudahkan dan adanya sumber daya alam. Sedangkan pada lingkungan eskternal yaitu adanya dukungan peraturan pemerintah desa terhadap BUMDes Kencana Mandiri, serta adanya partisipasi masyarakat. Faktor penghambat dari lingkungan internal antara lain; pemasaran, kurangnya kemandirian dan etos kerja pelaksana BUMDes, sarana prasarana kurang memadai serta keterbatasan sumber daya manusia pengelola. Pada lingkungan eksternal antara lain; meningkatnya pesaing dalam perekonomian, kurangnya sosialisasi pada masyarakat, dan adanya budaya masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial; Kesejahteraan Sosial, Layanan Sosial
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 303 Social processes
300 Social sciences > 303 Social processes > 303.4 Social change
300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 06 Nov 2021 03:27
Last Modified: 06 Nov 2021 03:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13597

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics