Hubungan pemahaman mata kuliah keagamaan dan keterpaduan iptek dalam Islam terhadap kemampuan mengintegrasikan nilai Islam dalam RPP pada mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang

Anam, Faisal (2020) Hubungan pemahaman mata kuliah keagamaan dan keterpaduan iptek dalam Islam terhadap kemampuan mengintegrasikan nilai Islam dalam RPP pada mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1403086032_FAISAL ANAM] Text (SKRIPSI_1403086032_FAISAL ANAM)
SKRIPSI_1403086032_FAISAL ANAM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (43MB)

Abstract

Saat ini pembelajaran di sekolah Islam yaitu SMA (Sekolah Menengah Atas) Islam atau MA (Madrasah Aliyah), diketahui ada yang telah menerapkan integrasi Sains dan Islam. Namun hanya disampaikan saat proses pembelajaran berlangsung, tidak terencana didalam RPP. Hal ini menjadikan integrasi yang dilakukan hanya sebatas penyampaian secara insidental. Jadi perlu diketahui hal-hal apa yang dapat mendukung pengintegrasian nilai Islam dalam RPP. Peneliti memiliki analisis awal berupa 2 hal yang dapat mendukung dalam pengintegrasian tersebut yaitu pemahaman keagamaan dan keterpaduan iptek dalam Islam. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan hubungan pemahaman mata kuliah Keagamaan dan Keterpaduan Iptek dalam Islam terhadap kemampuan mengintegrasikan nilai Islam dalam RPP. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2016 dalam menyusun RPP berintegrasi nilai Islam. Hasil penelitian yang pertama yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman mata kuliah Keagamaan dan Keterpaduan Iptek dalam Islam terhadap kemampuan mengintegrasikan nilai Islam dalam RPP. Hasil kedua dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2016 memiliki kemampuan yang amat baik dalam menyusun RPP berintegrasi nilai Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mata kuliah keagamaan; Integrasi Islam dan sains; RPP; Biologi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 10 Nov 2021 01:46
Last Modified: 10 Nov 2021 01:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13599

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics