Analisis pesan dakwah dalam program "ungkap" di SCTV

Hidayah, Yulyani (2020) Analisis pesan dakwah dalam program "ungkap" di SCTV. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401026139_Yulyani Hidayah_SKRIPSI LENGKAP] Text (1401026139_Yulyani Hidayah_SKRIPSI LENGKAP)
1401026139 - YULYANI HIDAYAH - FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Realita maraknya tindakan kriminalitas yang terjadi di masyarakat Indonesia terutama di kota-kota besar. Dalam hal ini, peran dakwah sangatlah penting untuk menyeru mengajak masyarakat agar menerapkan agama Islam dengan benar sehingga menjadi insan yang taat dan beriman serta menjadi negara yang damai dan tentram. Media informasi seperti Televisi dapat di gunakan untuk berbagai macam pemanfaatan. Salah satu bentuk pemanfaatan tersebut adalah dijadikannya Televisi sebagai media dakwah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Apa pesan dakwah yang terkait tentang akhlak dalam program “UNGKAP” di SCTV? Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif jenis deskriptif dengan pendekatan analisis isi yang mengacu pada teori Krippendorff yaitu dengan mengunakan empat tahapan berupa pengumpulan data, reduksi data, penarikan inferensi dan yang terakhir analisis. Hasil penelitian ini menunjukan pesan dakwah terkait tentang akhlak yaitu akhlak mahmudah berupa akhlak tentang nasehat, sabar, menyesali kesalahan, membantu sesama, kasih sayang pada keluarga, tanggung jawab, rendah hati dan akhlak mazmumah untuk menjauhi sifat tamak/rakus, tidak sopan pada orang tua, zina, perkelahian, buruk sangka, menghilangkan nyawa, mencuri, tidak memiliki rasa empati dan perbuatan mendekati zina.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah; Akhlak; Program televisi; Media dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 13 Nov 2021 01:47
Last Modified: 13 Nov 2021 01:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13607

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics