Gaya hidup remaja sebagai bentuk eksistensi diri: studi pada Coffee Shop Mace Tembalang Semarang

Alfira, Sonia Okta (2021) Gaya hidup remaja sebagai bentuk eksistensi diri: studi pada Coffee Shop Mace Tembalang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1706026101_Sonia Okta Alfira_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1706026101_Sonia Okta Alfira_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Gaya hidup merupakan bagian dari kehidupan sosial yang akan berpengaruh pada suatu tatanan dan kriteria dari setiap pilihan yang diyakini oleh seseorang, sehingga dapat untuk mengenali identitas mereka. Identitas ini berkaitan dengan eksistensi diri yaitu keberadaan seseorang menuju arah perkembangan dalam mengaktualisasikan dirinya untuk memilih tujuan kehidupan dan berusaha memahami arti kehidupannya. Remaja merupakan usia peralihan dari anak-anak menuju dewasa, masa remaja ini tentunya merupakan salah satu periode dari perkembangan manusia dimana remaja sudah mulai mudah berinteraksi dengan orang lain dan melakukan pengamatan di lingkungan sosialnya untuk menyesuaikan gaya hidup yang akan dijadikan sebagai bentuk eksistensi dirinya. Keberadaan coffee shop merupakan salah satu usaha industri yang saat ini digemari oleh khalayak umum, tertuju pada remaja yang ada di kota-kota besar, termasuk Kota Semarang yaitu Coffee Shop Mace. Coffee Shop Mace menyediakan berbagai varian menu makanan yang menarik, minuman coffee juga non coffee disertai konsep interior yang unik dan menarik, serta fasilitas yang nyaman dan karyawan yang ramah sehingga hal tersebut menjadi salah satu faktor keinginan remaja mengunjungi Coffee Shop Mace. Penelitian ini memiliki rumusan masalah bagaimana perilaku konsumsi remaja di Coffee Shop Mace dan bagaimana dampak perilaku konsumsi remaja di Coffee Shop Mace. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perilaku konsumsi remaja di Coffee Shop Mace dan dampak perilaku konsumsi remaja di Coffee Shop Mace. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deksriptif yang bertujuan untuk menggambarkan peristiwa dan menganalisis temuan yang terdapat di lapangan dan dikaitkan dengan teori yang ditentukan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumsi remaja di Coffee Shop Mace ada dua kategori, pertama yaitu perilaku konsumsi remaja modern terbuka ditunjukkan pada remaja datang ke Coffee Shop Mace untuk menunjukkan identitas dirinya dan remaja penikmat kopi. Kedua, perilaku konsumsi remaja modern tertutup ditunjukkan pada remaja datang ke Coffee Shop Mace sebagai private place. Sedangkan dampak perilaku konsumsi remaja di Coffee Shop Mace yaitu terbentuknya kelas sosial berdasarkan pada kedudukan dan peran seseorang. Terbentuknya kelas sosial di Coffee Shop Mace juga berdasarkan seringnya remaja datang ke Coffee Shop Mace, menu yang selalu dipesan dengan kategori penentuan harga dan biaya yang dikeluarkan saat datang ke Coffee Shop Mace. Lalu, jaringan sosial yang terbentuk di Coffee Shop Mace ini terdapat unsur-unsur di dalamnya karena keikutsertaan atau keaktifan dan seseorang juga memiliki kesamaan yaitu gaya hidup disertai dengan hubungan yang solid, kepercayaan yang berawal dari komunikasi dan nilai atau norma pada tindakan sosial yang diwujudkan untuk kepentingan bersama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Masa Remaja; Interaksi Sosial; Gaya Hidup; Permasalahan Sosial
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 303 Social processes
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 06 Nov 2021 04:03
Last Modified: 06 Nov 2021 04:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13608

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics