Respon penonton terhadap sinetron “pintu berkah” di indosiar (studi pada ibu rumah tangga di Dukuh Jekso Desa Wedarijaksa Kabupaten Pati)

Baihaqi, Muhammad (2020) Respon penonton terhadap sinetron “pintu berkah” di indosiar (studi pada ibu rumah tangga di Dukuh Jekso Desa Wedarijaksa Kabupaten Pati). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401026142_MUHAMMAD BAIHAQI_SKRIPSI LENGKAP] Text (1401026142_MUHAMMAD BAIHAQI_SKRIPSI LENGKAP)
1401026142_MUHAMMAD BAIHAQI_FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat judul Respon Ibu Rumah Tangga di Dukuh Jekso Desa Wedarijaksa Kabupaten Pati terhadap Tayangan Sinetron “Pintu Berkah” Indosiar dengan tujuan untuk mengetahui respon ibu rumah tangga atas tayangan sinetron “Pintu Berkah” yang ada di Indosiar, sebagai sinetron religi yang akrab dengan penonton khususnya kalangan ibu rumah tangga. Penelitian ini adalah bentuk penelitian kualitatif deskriptif dengan obyek penilitian yakni ibu rumah tangga di Dukuh Jekso Desa Wedarijaksa Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa terdapat 3 respon yang dimiliki dalam atau setelah menonton tayangan sinetron pintu berkah: Pertama, respon kognitif, Menurut Ibu rumah tangga di Dukuh Jekso Desa Wedarijaksa Kabupaten Pati, mereka cukup mengetahui tentang tayangan dalam bentuk sinetron religi beserta maksud dari tayangan yang demikian, hal ini juga cukup memberikan sebuah informasi atau pengetahuan dari tema atau materi yang ditayangkan. Kedua, respon afektif, menurut Ibu rumah tangga di Dukuh Jekso Desa Wedarijaksa Kabupaten Pati tayangan ini mampu menginspirasi mereka sehingga mereka memiliki kesan bagi dirinya ketika atau setelah menonton sinetron Pintu Berkah Indosiar. Ketiga, menurut Ibu rumah tangga di Dukuh Jekso Desa Wedarijaksa Kabupaten Pati, tayangan ini bahkan mampu menumbuhkan atau meninggkat nilai positif dalam peningkatan keagamaan dan dalam bersosial atau bermasyarakat karena mendapatkan representasi untuk berubah ke arah yang lebih baik dari menonton tayangan sinetron religi “Pintu Berkah”.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Respon; Sinetron Indosiar; pintu Berkah; Ibu Rumah Tangga
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 17 Nov 2021 03:28
Last Modified: 17 Nov 2021 03:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13610

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics