Pesan dakwah tentang upaya mengurangi hoax : analisis buku “Saring Sebelum Sharing” karya Nadirsyah Hosen

Sangidin, Nur Akrom (2021) Pesan dakwah tentang upaya mengurangi hoax : analisis buku “Saring Sebelum Sharing” karya Nadirsyah Hosen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1401026153_NUR AKROM SANGIDIN] Text (SKRIPSI_1401026153_NUR AKROM SANGIDIN)
1401026153-Nur Akrom-lengkap tugas akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (952kB)

Abstract

Nur Akrom Sangidin, 1401026153. Pesan Dakwah Tentang Upaya Mengurangi Hoax (Analisis Buku “Saring Sebelum Sharing” Karya Nadirsyah Hosen). Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang.
Dalam era informasi saat ini, setiap individu dengan bebas berpendapat serta mengakses segala macam bentuk berita. Hal ini ternyata berdampak terhadap semakin banyaknya hoax yang beredar baik di media cetak maupun elektronik. Dilatarbelakangi maraknya penyebaran hoax tersebut, baik dalam ranah publik maupun akademik. Maka peneliti memaparkan kajian buku “Saring Sebelum Sharing” karya Gus Nadirs yang hadir di tengah banyaknya hoax yang meresahkan masyarakat serta mengajak masyarakat untuk bersama-sama melawan penyebarannya.
Penelitian ini menggunakan analisis isi ( Content Analysis ) yang sering kali digunakan untuk mengkaji pesan-pesan dakwah. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mencari makna kata maupun kalimat, serta makna tertentu yang terkandung dalam sebuah karya . Metode analisis isi digunakan untuk menelaah isi dari suatu dokumen, dalam penelitian ini dokumen yang dimaksud adalah buku “Saring Sebelum Sharing”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pesan dakwah mengenai upaya mengurangi penyebaran berita hoax, pesan dakwah tersebut meliputi pesan tabayyun, pesan berhati-hati, pesan memahami perbedaan, pesan semangat persaudaraan dan perdamaian, pesan memperbanyak literasi, dan pesan memberi keseimbangan informasi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kecenderungan pesan-pesan tersebut adalah pesan dakwah untuk mewujudkan kehidupan sosial yang sesuai dengan akidah ajaran Islam dalam Al-Qur’an dan Sunnah Nabi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Hoax; Hoaks; Berita bohong; Media sosial; Saring Sebelum Sharing; Nadirsyah Hosen
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 13 Nov 2021 01:24
Last Modified: 13 Nov 2021 01:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13615

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics