Kepedulian sosial dalam web series “Ramadan Terakhir” episode 1-4

Intani, Nur (2021) Kepedulian sosial dalam web series “Ramadan Terakhir” episode 1-4. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401026157_NUR INTANI-SKRIPSI LENGKAP] Text (1401026157_NUR INTANI-SKRIPSI LENGKAP)
9. 1401026157_Nur Intani_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Web series “Ramadan Terakhir” adalah serial film pendek yang diproduksi oleh Line Indonesia yang bekerjasama dengan Rumah Produksi Plankton Labs. Serial ini terdapat empat episode yang menceritakan tentang kehidupan empat mahasiswa laki-laki yang tinggal bersama di sebuah rumah kost selama bulan ramadan. Serial ini mengedepankan cerita tentang karakter Didit yang selalu berusaha menjadi sahabat yang berfaedah bagi ketiga temannya. Yaitu selalu memperhatikan dan membantu orang lain yang sedang dalam kesulitan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kepedulian sosial yang terdapat dalam web series “Ramadan Terakhir” Episode 1-4. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan yang penulis gunakan adalah semiotika Roland Barthes. Pada tahap menganalisis, penulis mendeskripsikan data yang terkumpul dari film Ramadan Terakhir. Kemudian, tanda yang digunakan dalam film Ramadan Terakhir akan diinterpretasikan sesuai dengan bagian-bagian tayangan tentang kepedulian sosial, maka makna film tersebut dapat dipahami baik secara denotasi, konotasi dan mitos.
Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan beberapa tanda tentang bentuk-bentuk kepedulian sosial yang terdapat pada 10 scene atau adegan web series “Ramadan Terakhir” episode 1-4, diantaranya: 1) Saling tolong menolong dalam berbuat kebaikan 2) Menunjukkan jiwa penuh kasih sayang, 3) Saling maaf dan memaafkan, 4) Memberi dan membantu dengan ikhlas, 5) Mengingatkan dan menasihati demi kebaikan orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepedulian Sosial; Semiotika; Roland Barthes; Web Series; Ramadan Terakhir
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 13 Nov 2021 01:26
Last Modified: 13 Nov 2021 01:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13616

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics