Persepsi ibu-ibu PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) terhadap FTV “azab” di Indosiar : studi kasus di Desa Petunjungan, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes

Permatasari, Dinda Putri (2020) Persepsi ibu-ibu PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) terhadap FTV “azab” di Indosiar : studi kasus di Desa Petunjungan, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501026002_DINDA PUTRI PERMATASARI_SKRIPSI LENGKAP] Text (1501026002_DINDA PUTRI PERMATASARI_SKRIPSI LENGKAP)
1501026002_DINDA PUTRI PERMATASARI_SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Persepsi Ibu-Ibu PKK Terhadap FTV “Azab” di Indosiar (Studi Kasus di Desa Petunjungan, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes). Penelitian ini berangkat dari fenomena masa kini yang hadir di kalangan masyarakat terlebih pada golongan ibu-ibu yang mayoritas sudah menganggap bahwa program FTV Azab di Indosiar sebagai life style. Ibu-ibu PKK Desa Petunjungan terpilih menjadi objek penelitian, karena sebagaian besar anggota PKK sudah pernah menyaksikan siaran tersebut secara intens dan menurut penulis perempuan memiliki sensitifitas yang lebih dari pada laki-laki sehingga dalam menanggapi suatu hal akan lebih mendalam. Selain itu, Ibu-Ibu PKK juga memiliki peranan yang sangat penting dalam keluarga maupun dalam masyarakat sekitarnya. Penelitian ini mengajukan satu rumusan masalah yaitu Bagaimana Persepsi Ibu-Ibu PKK Terhadap FTV “Azab” di Indosiar (Studi Kasus di Desa Petunjungan, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes).
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif . Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan model analisis milik Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, display data, conclusi data.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa persepsi ibu-ibu PKK Desa Petunjungan adalah positif dan baik terhadap program FTV “Azab” di Indosiar. . Kebaikan itu berdasar pada pemahaman dan pengalaman responden ibu-ibu PKK Desa Petunjungan dalam menonton program FTV “Azab” di Indosiar. Persepsi kognitif dari program FTV “Azab” di Indosiar memberikan pengetahuan terkait pentingnya berperilaku baik sesuai anjuran agama Islam dengan menjalankan segala perintah- Nya dan menjauhi semua larangan-Nya agar dapat terhindar dari azab Allah SWT kelak. Persepsi Afektif dari program FTV “Azab” di Indosiar memberikan nilai- nilai dan memberikan perasaan dan pengalaman yang baik dan mempengaruhi dalam kehidupan ibu-ibu PKK Desa Petunjungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Ibu-ibu; Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK); FTV Indosiar; Azab
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 13 Nov 2021 01:28
Last Modified: 13 Nov 2021 01:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13618

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics