Kompetensi dai dalam berdakwah di radio Dakwah Islam (DAIS) 107.9 Mhz

Sofiyyulloh, Achmad Amin (2020) Kompetensi dai dalam berdakwah di radio Dakwah Islam (DAIS) 107.9 Mhz. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501026013_ACHMAD AMIN SOFIYYULLOH_SKRIPSI LENGKAP] Text (1501026013_ACHMAD AMIN SOFIYYULLOH_SKRIPSI LENGKAP)
1501026013_ACHMAD AMIN SOFIYYULLOH_FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (786kB)

Abstract

Achmad Amin Sofiyyulloh. 1501026013, “Kompetensi Dai Dalam Berdakwah Di Radio Dakwah Islam (Dais) 107.9 MHz”.
Aktifitas dakwah saat ini semakin merebak, tak heran jika saat ini banyak sekali orang yang memiliki keahlian public speaking menjadikan dakwah sebagai lahan mencari keuntungan atau dijadikan sebagai profesi, tanpa didasari dengan keilmuan yang mumpuni. Radio adalah salah satu media yang gencar dalam memberikan informasi,pendidikan dan hiburan. Radio Dakwah Islam (Dais) adalah radio dengan segmentasi dakwah disetiap program acaranya, sehingga membutuhkan dai yang mumpuni dan berkompetensi untuk menjadi pengisi acara. Kompetensi merupakan karakteristik seseorang yang mudah dilihat termasuk pengetahuan, keahlian dan sikap perilaku dari seseorang.
Metode dalam penelitan ini adalah deskriptif kualitatuf dengan teknik analisis data dari Mathew B. Miles dan A. Michael Huberman. Peneliti mengumpulkan data-data, arsip-arsip yang terkait dengan Radio Dakwah Islam (Dais) dari wawancara kepada pimpinan Radio Dakwah Islam kemudian direduksi, disajikan, dan dirangkum.
Dai sebagai seorang pemimpin dan kiblat pengetahuan agama setidaknya harus memiliki kompetensi baik secara, substantif, dan metodologis. Kemampuan personal dai termasuk dalam komptensi substantif yang terbagi menjadi tiga, yaitu; penguasaan ilmu agama, penguasaan mitra dakwah, dan sebagai keteladanan akhlak mulia, sedangkan kompetensi metodologis meliputi kemampuan dai dalam merencanakan dan mempersiapkan dakwah. Seorang dai dianggap mumpuni dan berkompetensi secara minimu harus memenuhi standar kompetensi substantif dan metodologis.
Hasil penelitian dari skripsi ini adalah Radio Dakwah Islam Kompetensi dai yang di terapkan oleh Radio Dakwah Islam (Dais) adalah dai memiliki rekam jejak pendidikan pendidikan pesantren dan mampu meguasai ilmu alat (nahwu shorof) dan kitab kuning, serta mampu menguasasi pendengar dalam mempersiapkan dan menyampaikan dakwahnya. Akhlak dan keteladanan merupakan kompetensi terakhir yang diterapkan oleh Radio Dakwah Islam, pasalnya dalam kehidupan sehari-hari seorang dai menjadi perhatian masyarakat pada umumnya, seorang dai adalah seorang pemimpin, pelindung, penasehat, dan solusi dalam setiap permasalahan. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis melalui siaran Radio Dakwah Islam 107.9 Mhz, dan wawancara dengan 4 orang dai Radio Dakwah Islam (Dais) berkompeten dalam bidangnya dengan kategori baik. Dai mampu dalam mengkaji kitab kuning dan menyampaikan kepada pendengar serta menerapkan keilmuanya dalam kehidupan sehari-hari

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Da'i; Dakwah; Radio Dakwah Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 06 Nov 2021 07:19
Last Modified: 06 Nov 2021 07:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13619

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics