Kritik sosial dalam buku fatwa dan canda Kiai Saridin karya Prof. Dr. H. Muhibbin

Ferkhitilawati, Febbi (2020) Kritik sosial dalam buku fatwa dan canda Kiai Saridin karya Prof. Dr. H. Muhibbin. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501026026_FEBBI FERKHITILAWATI_SKRIPSI LENGKAP] Text (1501026026_FEBBI FERKHITILAWATI_SKRIPSI LENGKAP)
1501026026_FEBBI FERKHITILAWATI_SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Buku Fatwa dan Canda Kiai Saridin merupakan sebuah buku yang diangkat dari kisah nyata. Kiai Saridin sebagai tokoh utama digambarkan sebagai seorang kiai desa yang memiliki kharisma dan karomah luar biasa. Salah satu keistimewaan yang ada dalam buku ini adalah sudut pandang seorang guru besar sekaligus kiai yang matang fikih dakwahnya dalam memandang semua fenomena dan gejala sosial yang ada. Kiai Saridin dalam sketsa-sketsa di buku ini adalah Prof. Dr. KH. Muhibbin Nor itu sendiri. Adakalanya apa yang disampaikan Kiai Saridin adalah fatwa yang ingin disampaikan oleh Prof. Muhibbin. Ada kalanya yang dialami Kiai Saridin adalah apa yang dialami oleh Prof. Muhibbbin. Seringkali juga, Kiai Saridin adalah cara imajiner Prof. Muhibbin untuk melakukan kritik sosial, solusi sosial bahkan idealisme. Atau, terkadang Kiai Saridin adalah cara genuine Prof. Muhibbin membumikan kisah dan nasihat para ulama salaf untuk masyarakat era milenial ini.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja masalah sosial yang dikritik dalam buku Fatwa dan Canda Kiai Saridin. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber dan jenis data diperoleh dari data primer yakni buku Fatwa dan Canda Kiai Saridin. Data dikumpukan dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis isi menurut Krippendorf.
Berdasarkan data yang diteliti, hasil penelitian ini adalah masalah sosial yang di kritik dalam buku Fatwa dan Canda Kiai Saridin meliputi : masalah kemiskinan, masalah kejahatan, masalah birokrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kritik Sosial; Buku Fatwa dan Canda Kiai Saridin; Analisis Isi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 06 Nov 2021 07:15
Last Modified: 06 Nov 2021 07:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13621

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics