Peran pembinaan, pelatihan dan pendampingan dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang dalam peningkatan kinerja usaha UMKM binaan

Dewi, Arsakti Foreignyca (2020) Peran pembinaan, pelatihan dan pendampingan dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang dalam peningkatan kinerja usaha UMKM binaan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026105_ArsaktiForeignycaDewi] Text (Skripsi_1705026105_ArsaktiForeignycaDewi)
Skripsi_1705026105_ArsaktiForeignycaDewi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan juga dampak pembinaan, pelatihan dan pendampingan dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang dalam peningkatan kinerja usaha UMKM Binaan mereka. Metode kualitatif dipilih pada penelitian ini. Dengan mengambil enam pelaku UMKM Binaan yang mengikuti program pembinaan, pelatihan dan pendampingan yang diberikan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang. Data primer pada penelitian ini diperoleh secara langsung melalui wawancara, observasi dan dokumentasi serta hal pendukung lainnya yang di peroleh secara langsung atau tidak langsung dari informan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran yang dilakukan oleh dinas koperasi dan usaha mikro kota Semarang dalam hal pembinaan diwujudkan dalam bentuk program inkubasi bisnis. Sedangkan untuk pelatihan diwujudkan dalam bentuk pelatihan manajemen dan bisnis plan. Adapun pendampingan yang dilakukan adalah melalui program klinik bisnis. Adapun dampak dari pembinaan, pelatihan dan pendampingan terhadap kinerja usaha mereka diukur dalam lima indikator yaitu peningkatan modal usaha, peningkatan pendapatan, peningkatan penjualan, peningkatan laba, peningkatan tenaga kerja atau SDM. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap kelima indikator tersebut yang berarti adanya peningkatan kinerja usaha UMKM Binaan. Walaupun pada dampak pemasaran sebagian besar masih terfokus pada pemasaran konvensional dibanding dengan pemasaran online.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kinerja; Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM); Pembinaan; Pelatihan; Pendampingan; Dinas Koperasi dan Usaha Mikro; Kota Semarang
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Nov 2021 01:11
Last Modified: 10 Nov 2021 01:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13628

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics