Implementasi syukur dalam budaya ngasa jalawastu : Kelurahan Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes

Ismatulloh, Budi (2020) Implementasi syukur dalam budaya ngasa jalawastu : Kelurahan Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of BUDI ISMATULLOH-1404046018-Skripsi Lengkap.pdf] Text
BUDI ISMATULLOH-1404046018-Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Islam merupakan agama Allah SWT, dengan mengesakannya dalam beribadah mensyukuri nikmat-nikmatnya dengan melakukan amal shaleh serta beriman kepada hari kebangkitan, hisab, dan balasan atas amal, setelah kehidupan di dunia ini. Melalui risalah-risalah para rasul, tadisi, budaya serta tingkat kemajuanya, maka terjadilah banyak syai’at, yang meupakan petunjuk serta metode yang ditempuh oleh pemilik risalah dan pemeluknya.
Kebanyakan manusia tidak pandai bersyukur, berfikir dan tidak beramal. Padahal, orang yang dimudahkan jalanya oleh Allah ta’ala dan diberi hidayah, hanyalah hamba-hamba Nya yang besungguh-sungguh. Tradisi ngasa merupakan bentuk puji syukur kepada tuhan atas segala limpah nikat yang telah diberikan kepada masyarakat jalawastu serta memohon agar dapat terhindar dari marabahaya. Penilitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (field reseach), dengan metote content analysis dengan memperhatikan pokok pikiran dalam setiap deskripsi pembahasan penelitian, yang diambil literatur kitab imam ghozali dan literatur yang lain.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Syukur itu merupakan pengikat nikmat, dimana dengan terus menyatakan syukur maka nikmat yang kita dapatkan menjadi langgeng dan lestari. Dan bila kita meninggalkan syukur maka nikmat itu juga akan lenyap.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Rasa Syukur; Tradisi Jawa; Ngasa Jalawastu
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.48 Sufi orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 10 Nov 2021 08:16
Last Modified: 10 Nov 2021 08:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13634

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics