Pengaruh intensitas Salat Dhuha terhadap prestasi belajar Fiqih siswa kelas VIII MTs N 1 Pemalang

Ramadhaniati, Marwa Nur (2021) Pengaruh intensitas Salat Dhuha terhadap prestasi belajar Fiqih siswa kelas VIII MTs N 1 Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503016025_Marwa Nur Ramadhaniati_Full Skripsi] Text (SKRIPSI_1503016025_Marwa Nur Ramadhaniati_Full Skripsi)
1503016025_Marwa Nur Ramadhaniati_Full Skripsi - Marwa Nur Ramadhaniati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Shalat dhuha merupakan salah satu kegiatan yang dapat menghentikan gambaran-gambaran negatif serta dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Pada dasarnya shalat dhuha tersebut dapat menenangkan jiwa seseorang. Internalisasi dari pemaknaan shalat dhuha dapat memotivasi dan meningkatkan prestasi belajar pada diri siswa. Individu cenderung bisa mengatur dirinya sendiri, mampu mendahulukan skala prioritas yang harus dicapai oleh individu tersebut dan juga akan sennatiasa berusaha mengejar ketertinggalan dan kekurangan yang dimilikinya. Individu yang mempunyai motivasi belajar yang baik, ia senantiasa mampu berprestasi dalam belajarnya.
Banyak siswa yang mengalami hambatan dalam menyelesaikan studinya. Beragam faktor yang menjadi penghambat dalam penyelesaian studi.Faktor dalam penyelesaian studi adalah diri siswa itu sendiri maupun faktor dari luar diri siswa. Berbagai hal dan situasi juga dapat mempengaruhi keberhasilan prestasi siswaataujustru mengahambatnya. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam menangani siswa yang kurang kepercayaan dirinya dalam menyelesaikan studi, salah satunya adalah membiasakan siswa untuk melaksanakan rutinitas salat dhuha.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh intensitas salat dhuha terhadap prestasi belajar fiqih siswa MTs N 1 Pemalang. Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah memberikan informasi bagi ilmu pengetahuan dan memperkaya wawasan teoritik dalam psikologi dan ilmu pendidikan, khususnya tentang pengaruh intensitas shalat dhuha terhadap prestasi belajar siswa.
Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Berdasarkan teknik tersebut diambil sampel sebanyak 96 siswa. Intensitas salat dhuha dan prestasi belajar siswa diukur dengan skala intensitas salat dhuha dan skala prestasi belajar, pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket dan data prestasi belajar diambil dari nilai raport. Analisis data menggunakan Product Moment dengan bantuan SPSS (Statistic Program for Social Service) versi 18.00 for windows.
Hasil hipotesis diperoleh koefisien sebesar r๐= 3,482, rt = 0,304. Hasil tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif yang sangat signifikan antara intensitas salat dhuha terhadap prestasi belajar siswa di MTs N 1Pemalang.Sehingga hipotesis yang diajukan diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Intensitas Salat Dhuha; Prestasi belajar fiqih
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Nov 2021 03:47
Last Modified: 11 Nov 2021 03:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13641

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics