Upaya mendisiplinkan salat berjamaah bagi siswa SD Muhammadiyah 04 Semarang

Saputra, Dimas Khijri (2021) Upaya mendisiplinkan salat berjamaah bagi siswa SD Muhammadiyah 04 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503016048_DIMAS KHIJRI SAPUTRA_FULL SKRIPSI] Text (SKRIPSI_1503016048_DIMAS KHIJRI SAPUTRA_FULL SKRIPSI)
1503016048_DIMAS KHIJRI SAPUTRA_FULL SKRIPSI - dimaskhijrisaputra saputra.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Mendisiplinkan salat berjamaah bagi siswa merupakan kewajiban bagi seluruh pihak sekolah. Hal ini disebabkan karena siswa sibuk dengan kegiatan sekolah atau kegiatan yang lain, sehingga siswa menjadi kurang disiplin dalam melaksanakan shalat berjamaah. Untuk mengatasi masalah tersebut maka pihak sekolah selalu memberikan pengajaran dan pemahaman kepada siswa tentang bagaimana tatacara melaksanakan salat berjamaah secara terus-menerus. Oleh karena itu, hal tersebut perlu adanya upaya untuk mendisiplinkan salat berjamaah bagi siswa dengan melaksanakan salat ḍuha dan salat ẓuhur secara berjamaah atau dengan berbagai upaya pendisiplinan yang lain yang ada di sekolah.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Apa saja upaya untuk mendisiplinkan salat berjamaah bagi siswa SD Muhammadiyah 04 Semarang? Penelitian skripsi ini adalah jenis penelitian kualitatif lapangan, data dalam skripsi diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi, serta teknik analisis skripsi menggunakan teknik analisis deskriptif.
Sekolah Dasar Muhammadiyah 04 Semarang merupakan sekolah binaan dari lembaga pendidikan Muhammadiyah sebagai amal usaha Muhammadiyah, dibawah naungan Dinas Pendidikan Dasar dan Menengah. Keberadaan SD Muhammadiyah sebagai lembaga pendidikan Islam yang menyelenggarakan pendikan umum dan pendidikan agama, maka mendisiplinkan shalat berjamaah perlu dilaksanakan untuk mewujudkan peserta didik SD Muhammadiyah 04 tekun beribadah, berakhlak mulia, unggul ilmu, terampil dan bisa meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik.

Peranan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan sangat penting. Keberadaan FITK UIN Walisongo sebagai lembaga pencetak tenaga kependidikan sangat berkepentingan terhadap lembaga pendidikan baik sekolah maupun madrasah sebagai mitra dalam pengembangan pendidikan. Salah satu kemitraan itu adalah menjalin kerjasama dalam melaksanakan praktikum pengalaman lapangan bagi mahasiswa FITK dan juga melaksanakan penelitian skripsi di lembaga pendidikan terkait.
Hasil penelitian tentang upaya mendisiplinkan salat berjamaah bagi siswa SD Muhammadiyah 04 Semarang ada dua yaitu: (1) Melalui pemahaman (Ilmu), yang disampaikan oleh para guru dengan cara memberikan ceramah kepada siswa setelah melaksanakan salat berjamaah. (2) Melalui pembiasaan (Amal), dengan siswa membiasakan melaksanakan salat ḍuha dan salat ẓuhur berjamaah serta memberikan sangsi kepada siswa yang tidak melaksanakan salat berjamaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mendisiplinkan; Salat berjamaah; Siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Nov 2021 03:46
Last Modified: 11 Nov 2021 03:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13643

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics