Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam tradisi Ruwatan Rambut Gimbal di Desa Dieng Kulon Kabupaten Banjarnegara

Amin, Sidik Muslihun (2020) Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam tradisi Ruwatan Rambut Gimbal di Desa Dieng Kulon Kabupaten Banjarnegara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503016063_Sidik Muslihun Amin_FullSkripsi] Text (SKRIPSI_1503016063_Sidik Muslihun Amin_FullSkripsi)
1503016063_Sidik Muslihun Amin_FullSkripsi - sidik amien.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pelaksanaan ruwatan rambut gimbal di Desa Dieng Kulon dan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam tradisi ruwatan rambut gimbal di Desa Dieng Kulon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan tradisi ruwatan rambut gimbal dan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam tradisi ruwatan rambut gimbal di Desa Dieng Kulon Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data; observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan tradisi Ruwatan Rambut Gimbal di Desa Dieng Kulon dilaksanakan setiap setahun sekali biasanya dilaksanakan di bulan Agustus bertempat di Candi Arjuna. Acara ruwatan dikemas dengan adanya festival dengan nama Dieng Culture Festival. Urutan acara ruwatan diantaranya yaitu napak tilas, persiapan sesaji, kirab, jemasan, ruwatan, ngalap berkah, dan larungan. Kegiatan tersebut dipandu oleh pemangku adat Desa Dieng. (2) Nilai Pendidikan Agama Islam dalam tradisi Ruwatan Rambut Gimbal diantaranya yaitu adanya ungkapan rasa syukur yang mendalam atas apa yang telah diberikan Allah kepada mereka, dengan cara mereka melaksanakan syukuran sebelum acara ruwatan. Prosesi pelaksanaan tradisi ruwatan mulai dari awal hingga akhir dalam kegiatan ruwatan terdapat bacaan doa, ayat-ayat suci al-Quran dan sholawat. Kemudian dalam tradisi ruwatan mengajarkan akhlak terhadap Allah terbukti disaat rangkaian acara seperti syukuran dan prosesi ruwatan memohon dan mengucap terimakasih hanya kepada Allah semata, dan akhlak kepada manusia yang terlihat jelas dalam prosesi ruwatan adanya kebersamaan, keihklasan, tolong menolong, dan musyawarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai; Pendidikan Agama Islam; Ruwatan rambut gimbal.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Nov 2021 03:45
Last Modified: 11 Nov 2021 03:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13644

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics