Implementasi Pendidikan Agama Islam pada anak keluarga pedagang di Pasar Jerakah

Abdullah, Irsyad Nur (2020) Implementasi Pendidikan Agama Islam pada anak keluarga pedagang di Pasar Jerakah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503016066_Irsyad Nur Abdullah_Lengkap] Text (Skripsi_1503016066_Irsyad Nur Abdullah_Lengkap)
1503016066_Irsyad Nur Abdullah_Lengkap Tugas Akhir - Irsyad Nur Abdullah(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Keluarga merupakan tempat pertama berlangsungnya pendidikan bagi sang anak. Di dalamnya terdapat seorang ibu yang di dalam Islam dikenal sebagai madrasatul ula atau sekolah pertama bagi sang anak. Pendidikan merupakan kebutuhan pokok sekaligus kewajiban bagi umat muslim. Terlebih lagi pendidikan agama Islam. Dengan fakta tersebut kehadiran sosok ayah dan ibu dengan segala atributnya merupakan suatu kebutuhan yang perlu mendapat perhatian. Di dalam keluarga pedagang, tidak semua anak bisa mendapatkan porsi yang cukup dalam hal kehadiran orang tua. Hal tersebut menimbulkan kekhawatiran akan kurangnya pendidikan untuk sang anak, khususnya dalam hal agama.
Penelitian ini mengambil rumusan masalah “Bagaimana implemntasi pendidikan agama Islam pada anak keluarga pedagang di pasar Jerakah?”. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pndekekatan kualitatif studi kasus. Teknik yang digunakan di dalam pengambilan data adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dan juga dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan segala kondisi yang ada, para pedagang telah melakukan implementasi pendidikan yang baik, dengan sumbe dan materi yang baik, serta metode yang variatif. Hal ini sekaligus mematahkan kekawatiran akan kesibukan orang tua yang bekerja sebagai pedagang, kususnya bagi mereka yang bekerja dari pagi sampai sore hari, tidak bisa memberikan pendidikan Islam yang baik pada anak. Pola asuh otoritatif/ demokratis yang diterapkan dengan metode kisah Qur’an dan Nabawi, metode teladan, latihan dan pengalaman, mau’izhah, dan targhib wa tarhib bisa berjalan dengan baik.
Selain itu, didalam penelitian ini juga ditemukan model pembelajaran baru yang kemudian diberi nama Fifty-Fifty Feeling Model (F3 Model ).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keluarga; Kesibukan; Implementasi pendidikan.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Nov 2021 03:45
Last Modified: 11 Nov 2021 03:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13646

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics