Nilai moral dalam novel "Merindu Baginda Nabi" karya Habiburrahman el-Shirazy

Zahro, Nailal Muna (2020) Nilai moral dalam novel "Merindu Baginda Nabi" karya Habiburrahman el-Shirazy. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501026034_NAILAL MUNA ZAHRO_SKRIPSI LENGKAP] Text (1501026034_NAILAL MUNA ZAHRO_SKRIPSI LENGKAP)
1501026034_Nailal Muna Zahro_Tugas Akhir Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Berbagai masalah yang terjadi di masyarakat akhir-akhir ini meresahkan semua pihak. Beberapa berita media massa memuat tentang permasalahan moral, seperti anak yang melawan orang tua dan kasus remaja yang melakukan seks bebas serta pesta narkoba. Merosotnya moral masyarakat indonesia kembali pada individu masing-masing, memang tidak semua masyarakat mengalami kemrosotan moral. Namun perlu diingat bahwa hal-hal tersebut membawa dampak besar jika tanpa ada perbaikan. Perbaikan moral itu sendiri terletak pada diri sendiri.
Penelitian ini, mendeskripsikan nilai moral apa saja yang terdapat dalam novel Merindu Baginda Nabi karya Habiburrahman El-Shirazy dan bagaimana teknik pemyamapaian nilai moral melalui novel. Adapun jenis penelitian, menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif serta pengumpulan data menggunakan Research Document. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan menggunakan analisis isi(Content Analysis). Analisis isi adalah suatu teknik penelitian untuk membuat rumusan kesimpulan-kesimpulan dengan mengidentifikasi karakteristik secara sistematis dan objektif dari suatu teks. Biasanya analisis isi meneliti sebuah data yang berbentuk Kartun, catatan pribadi, karya sastra, teater, drama televisi, iklan, film, pidato politik, dan dokumen historis.
Hasil penelitian ini menunjukkan nilai moral dan teknik penyampaian nilai moral. Nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan meliputi: melaksanakan sholat, nilai moral hubungan manusia dengan sesama manusia meliputi: menjaga silahturahmi, memberi nasehat dalam kebaikan, bersikap adil, tolong menolong, menepati Janji, dan nilai moral hubungan manusia dengan dirinya sendiri meliputi: rendah hati, sabar, syukur dan pemaaf. Bentuk teknik penyampaian nilai moral ada dua yaitu teknik penyampaian secara langsung dan tidak langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai moral; Novel; Habiburrahman el-Shirazy; Media dakwah
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 177 Ethics of social relations
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 13 Nov 2021 01:30
Last Modified: 13 Nov 2021 01:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13650

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics