Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD N 2 Pamotan Kabupaten Rembang

Latifah, Nurtia Ayu (2020) Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD N 2 Pamotan Kabupaten Rembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503016086_NURTIA AYU LATIFAH_FULL] Text (SKRIPSI_1503016086_NURTIA AYU LATIFAH_FULL)
1503016086_NURTIA AYU LATIFAH_FULL SKRIPSI - ayu latifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peranan penting dalam sistem pendidikan karena dalam kurikulum bukan hanya dirumuskan tentang tujuan yang harus dicapai sehingga memperjelas arah pendidikan, akan tetapi juga memberikan pemahaman tentang pengalaman belajar yang harus dimiliki setiap siswa. Kurikulum 2013 lebih ditekankan pada pendidikan karakter, terutama pada tingkat dasar yang akan menjadi pondasi bagi tingkat berikutnya. Pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013 bertujuan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan, yang mengarah pada pembentukan budi pekerti dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang sesuai dengan standar kompetensi lulusan pada setiap satuan pendidikan.
Penelitian ini memfokuskan pada dua permasalahan yaitu (1) Bagaimana implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti SD N 2 Pamotan kabupaten Rembang? (2) Bagaimana problem yang dihadapi dalam implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti SD N 2 Pamotan?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapa instrumen yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data sumber. Analisis data menggunakan model interaktif yaitu proses pengolahan data dengan mengumpulkan data terlebih dahulu untuk selanjutnya dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian Dalam implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SD N 2 Pamotan meliputi: 1) perencanaan yaitu sekolah menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kurikulum 2013 seperti silabus, RPP, buku dan juga peningkatan kompetensi guru dengan melakukan diklat karena guru memegang peranan penting dalam proses pembelajaran 2) Pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran sudah menggunakan pendekatan saintifik untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti ataupun mata pelajaran yang lainnya. Pembiasaan penanaman karakter pada peserta didik juga ditekankan seperti sebelum pelajaran dimulai membaca Asmaul Husna, membiasakan peserta didik menggunakan pakaian yang menutup aurat, dan menjaga kesopanan kepada guru atau orang yang lebih dewasa. 3) Evaluasi berupa penilaian hasil belajar siswa SD N 2 Pamotan juga menggunakan penilaian otentik dimana penilaian bersifat menyeluruh tidak hanya mengandalkan hasil belajar siswa tetapi juga menilai proses dalam pembelajaran yang bersifat nyata dan objektif.
Problem yang dihadapi dalam implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SD N 2 Pamotan yaitu:
Perubahan mapel menjadi tematik yang mengharuskan guru dan peserta didik beradaptasi supaya proses pembelajaran tetap berjalan dengan baik, aktif, kreatif dan menyenangkan. Sarana prasarana yang kurang lengkap juga menjadi penghambat implementasi kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Kurikulum; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 17 Nov 2021 03:30
Last Modified: 17 Nov 2021 03:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13657

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics