Model pendidikan karakter religius di SDIT Permata Bunda Pucang Gading Demak

Taufiq, Wildan (2020) Model pendidikan karakter religius di SDIT Permata Bunda Pucang Gading Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503016097_Wildan Taufiq_Lengkap] Text (SKRIPSI_1503016097_Wildan Taufiq_Lengkap)
1503016097_Wildan Taufiq_Lengkap Tugas Akhir - Wildan Taufiq.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah penanaman pendidikan karakter tidak bisa hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan atau melatih suatu keterampilan. Penanaman karakter itu perlu proses, contoh teladan, dan pembiasaan atau pembudayaan dalam lingkungan peserta didik dalam lingkungan sekolah, keluarga, lingkungan masyarakat, maupun lingkungan media massa. Dipilih SDIT Permata Bunda Pucang Gading sebagai lokasi penelitian tentang model pendidikan karakter religius karena memiliki program pendidikan karakter yang menarik, khususnya program pendidikan karakter religius. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan model pendidikan karakter religius di SDIT Permata Bunda Pucang Gading Mranggen Demak.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field-research),dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis menggunakan triangulasi untuk mengecek keabsahan data dan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sebagai teknik dalam menganalisis data.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam pelaksanaan pendidikan karakter untuk peserta didik model yang diterapkan di SDIT Permata Bunda adalah model kolaborasi. Mengkolaborasikan model integrasi dengan model suplemen (ekstrakurikuler). Bahwasannya di SDIT Permata Bunda pendidikan karakter diintegrasikan pada semua mata pelajaran seperti guru IPA menyisipkan karakter bersyukur disaat memberikan materi tentang anggota tubuh. Sedangkan model suplemen (esktrakurikuler) dilaksanakan melalui sebuah kegiatan wajib setelah sepulang sekolah disebut PEKA (Pembinaan Karakter). 2) Pelaksanaan pendidikan karakter bagi peserta didik di SDIT Permata Bunda dilakukan dengan menggunakan berbagai metode, seperti metode qishah (cerita), metode uswah (keteladan), metode pembiasaan, metode mutaba’ah yaumiyah, dan metode pemberian reward dan punishment. 3) Evaluasi di SDIT Permata Bunda bekerja sama dengan orang tua siswa dengan mengisi angket yang mana berisi poin-poin karakter, yang diberi nama mutaba’ah online. seperti sholat wajib, sholat sunah, puasa sunah, membaca al-Qur’an, kesantunan terhadap orang yang lebih dewasa, dan juga menutup aurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pendidikan karakter; Religius
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 17 Nov 2021 03:32
Last Modified: 17 Nov 2021 03:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13658

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics