Nilai-nilai pendidikan karakter pada novel Serat Centhini, perjalanan pengembaraan Syaikh Amongraga dalam menuntut ilmu menjelajah Nusa Jawa

Ammar, Naufal (2020) Nilai-nilai pendidikan karakter pada novel Serat Centhini, perjalanan pengembaraan Syaikh Amongraga dalam menuntut ilmu menjelajah Nusa Jawa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503016099_Naufal Ammar_Full] Text (SKRIPSI_1503016099_Naufal Ammar_Full)
1503016099_Naufal Ammar_Full Skripsi - Naufal Ammar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pada lingkungan Pendidikan banyak menekan hanya pada aspek pengetahuan saja, dengan hal ini meski banyak orang yang berilmu pengetahuan namun tidak mempunyai kepribadian karakter yang baik. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini dikarenakan masih banyaknya orang yang berpendidikan namun prilakunya kurang baik. Melalui penelitian ini peneliti mengkaji tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel serat centhini karya Agus Wahyudi. Dengan hal ini terlihat jelas akan pentingnya pendidikan karakter sejak kecil. Mengingat hal tersebut merupakan salah satu faktor penyebab manusia zaman modern banyak yang kehilangan nilai moralnya mereka mulai lepas perlahan-lahan dari kendali agama yang dibawakan Nabi SAW. yang demikian dapat kita saksikan kehidupan sebagian manusia saat ini, terutama para pemuda Lebih suka nongkrong dipinggir jalan lebih suka berkunjung ketempat-tempat diskotik atau tempat hiburan lainnya dan pergaulan bebas tanpa batas, minuman keras serta banyak terlibat dalam kasus kriminal atau kekerasan. Adanya masalah-masalah tersebut karna kurangnya pendidikan yang baik yang membentuk karakter, bahkan dalam hal agama. sehingga muncul problematika dalam kehidupan sehari hari, yang dimana tidak dapat membedakan mana yang harus dilakukan dan mana yang harus dihindari dalam kehidupan bermasyarakat dan beragama.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalan novel Serat Centhini karya Agus Wahyudi. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kepustakaan (library research).
Berdasarkan dari hasil penelitian Nilai-nilai pendidikan karakter yang ada pada novel Serat Centhini, Perjalanan Pengembaraan Syaikh Amongraga dalam Menuntut ilmu menjelajahi Nusa Jawa, karya Agus Wahyudi mencakup sembilan nilai diantaranya, nilai rligius, jujur, disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, bersahabat atau komunikatif, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.
Penelitian ini diharapkan dapat membantu dalam menyampaikan nilai-nilai pendidikan karakter kepada peserta didikdan menjadikan salah satu media belajar yang lebih variatif dan lebih moderen yang dapat menjadikan peserta didik Dengan adanya penyampaian pendidikan karakter melalui karya ini yang lebih menarik diharapkan dapat mencetak generasi bangsa yang pintar, cerdas dan juga berakhlak mulia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Serat Centhini; Pendidikan karakter; Novel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Nov 2021 01:32
Last Modified: 13 Nov 2021 01:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13659

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics