Dampak wisata pendidikan Agrowisata Pagilaran terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Keteleng Kecamatan Blado Kabupaten Batang

Dewi, Fadhilah Soraya (2020) Dampak wisata pendidikan Agrowisata Pagilaran terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Keteleng Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705026120_FADHILAH_SORAYA_DEWI] Text (SKRIPSI_1705026120_FADHILAH_SORAYA_DEWI)
SKRIPSI_1705026120_FADHILAH_SORAYA_DEWI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Agrowisata Pagilaran merupakan wisata berkonsep alam dan edukasi / pendidikan yang terletak di dusun Pagilaran, desa Keteleng, kecamatan Blado, kabupaten Batang. Sebelum diresmikan menjadi tempat wisata, Pagilaran hanya digunakan untuk kegiatan meeting, acara-acara PT dan sebagainya, sehingga pengelolaan wisata tidak lepas dari pengawasan PT Pagilaran. PT Pagilaran merupakan pabrik pengolahan teh dan menjadi pengekspor teh terbesar kedua di Indonesia yaitu dengan 8.000 ton teh dan 80 % di ekspor ke lebih dari delapan negara. agrowisata di dirikan pada tahun 2001 dan di buka untuk umum pada tahun 2003. Hampir setiap tahunnya agrowisata Pagilaran ini mengalami peningkatan pengunjung sehingga Direksi PT Pagilaran melakukan pengembangan wisata dengan tujuan meningkatkan potensi usaha PT Pagilaran khususnya dibidang wisata. Dengan adanya pengembangan wisata dapat dimanfaatkan masyarakat untuk membuka peluang usaha sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.
Tujuan dari penelitian ini memfokuskan pada peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa Keteleng dengan adanya wisata pendidikan (edukasi) agrowisata Pagilaran.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu suatu penelitian dalam prosedurnya dapat menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dari perilaku orang-orang yang diamati. Penelitian ini memiliki dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan sistem observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, kemudian data di analisis menggunakan metode deskriptif-analitis.
Berdasarkan hasil penelitian menyatakan : 1.) Dampak wisata pendidikan Agrowisata Pagilaran mempunyai dampak positif dan dampak negatif. 2.) Pengembangan wisata pendidikan agrowisata Pagilaran mempunyai beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat seperti tertunda diberbagai pembangunan akibat pandemi Covid-19. 3) Kesejahteraan masyarakat dalam perspektif ekonomi Islam secara umum sudah tercapai dalam bentuk tiga kebutuhan dasar yaitu primer (dhoruriyyah), sekunder (hajiyyah) dan tersier (tahsiniyyah).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan; Masyarakat desa; Wisata pendidikan; Agrowisata
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
900 Geography and history > 910 Geography and travel
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 13 Nov 2021 02:52
Last Modified: 13 Nov 2021 02:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13673

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics