Konsep tawakal dalam kitab Ta’limul Muta’allim

Hasanudin, Hasanudin (2020) Konsep tawakal dalam kitab Ta’limul Muta’allim. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1404046041_Hasanudin_SKRIPSI Lengkap.pdf] Text
1404046041_Hasanudin_SKRIPSI Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan skripsi ini adalah bagaimana konsep tawakal menurut Syekh Burhanuddin Az-Zarnuji (kitab Ta’limul Muta’allim)
? Bagaimana relevansinya dengan kesuksesan dalam Belajar? Dalam pengumpulan data melalui riset kepustakaan (library research). Sumber datanya yaitu karya-karya Syekh Burhanuddin Az-Zarnuji di antaranya: Ta’limul Muta’allim, dan Alala. Data sekundernya yaitu sejumlah literatur yang relevan dengan judul ini. Metode analisis data menggunakan metode Content Analisys sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki. Penelitian ini akan menghasilkan suatu kesimpulan tentang gaya bahasa buku, kecenderungan isi buku, tata tulis, lay out, ilustrasi dan sebagainya. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa Apabila mengkaji konsep tawakal Syekh Burhanuddin Az-Zarnuji sebagaimana telah diungkapkan dalam bab tiga skripsi ini maka ada empat point penting yang dapat diambil dari konsepnya yaitu: (a) tawakal, (b) tidak cemas, bersabar, dan menggunakan seluruh waktu untuk mencari ilmu (belajar). Dengan demikian dalam perspektif Syekh Burhanuddin Az- Zarnuji bahwa orang yang tawakal itu harus berikhtiar. Relevansi konsep tawakal Syekh Burhanuddin Az-Zarnuji dengan kesuksesan dalam belajar yaitu menurut Syekh Burhanuddin Az-Zarnuji untuk tawakal yang benar yaitu harus berikhtiar (berusaha). Dalam hal ini Az-Zarnuji mengaitkan tawakal dengan ikhtiar, tidak cemas, bersabar, dan menggunakan seluruh waktu untuk menuntut ilmu (belajar). dengan penekanan bahwa ikhtiar (berusaha) sangat berfungsi sebagai landasan tawakal. peranan ikhtiar lahir dan batin sangat penting dalam memelihara dan menanggulangi ketidaksuksesan atau kegagalan dalam belajar seseorang. Apabila menghubungkan ikhtiar dengan faktor sukses belajar yang berjumlah enam, maka bila seseorang menjalankan dan meyakini serta melakukan faktor sukses belajar yang berjumlah enam sangat mustahil belajarnya mengalami kegagalan. Justru sebaliknya orang yang berikhtiar lahir batin bisa dipastikan dalam belajarnya mengalami kesuksesan/keberhasilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tawakal; Berserah Diri; Ta'lim Muta'allim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.41 Sufi theology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 13 Nov 2021 03:03
Last Modified: 13 Nov 2021 03:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13675

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics