Analisis penggunaan uang elektronik sebagai alat pembayaran : studi kasus BRT Trans Semarang

Desmala, Sara (2020) Analisis penggunaan uang elektronik sebagai alat pembayaran : studi kasus BRT Trans Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026127_SaraDesmala] Text (Skripsi_1705026127_SaraDesmala)
Skripsi_1705026127_SaraDesmala.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

BRT Trans Semarang merupakan salah satu perusahan publik yang menyediakan layanan transportasi masal bagi masyarakat Kota Semarang. Dalam rangka memberikan opsi pembayaran dan memudahkan pengguna layanan dalam kegiatan transaksi, BRT Trans Semarang memiliki berbagai macam metode pembayaran salah satunya menggunakan metode non-tunai berbasis uang elektronik. Dengan adanya metode pembayaran non-tunai menggunakan uang elektronik diharapkan memberikan kemudahan bagi pengguna layanan dalam bertransaksi. Uang elektronik menjadi salah satu opsi untuk meberikan kemudahan dalam kegiatan transaksi. Dengan menggunakan uang elektronik diharapakan akan tercipta sistem pembayaran yang efektif, efisien dan menghindarkan dari tindakan yang dapat merepotkan dari dan memicu tindakan kriminalitas.
Dalam penelitian ini bertujuan untuk meneliti aspek atau nilai kesyariahan yang terkandung dalam pengimplementasian uang elektronik sebagai metode pembayaran di BRT Trans Semarang. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk meneliti dampak penerapan uang elektronik dalam memberikan kemudahan bagi pengguna BRT Trans Semarang dilihat dari prespektif Syariah. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif deskriptif.
Dari penelitian ini didapatkan hasil dimana implementasi uang elektronik pada BRT Trans Semarang sesuai dengan prinsip dan nilai-nilai dalam ekonomi Islam. Kesesuaian tersebut dapat dilihat dari Aspek Produksi, Aspek Transaksi aspek akad serta aspek manajerial dan alur transaksi yang sesuai dengan Fatwa DSN-MUI Nomer 116/DSN-MUI/IX/2017 tentang Uang Elektronik Syariah. Selain itu kemudahan penggunaan dapat dilihat dari kemudahan penggunaan sistem, sistem yang mudah diakses dan dimengerti serta tidak membutuhkan banyak usaha. Konsep kemudahan ini juga sesuai dengan konsep Taysir khususnya pada dua aspek yaitu mencapai kemudahan dengan penggantian kesulitan serta aspek mendapatkan kemudahan dengan rukhsoh atau pengaampunan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Uang elektronik; Alat pembayaran; Transportasi
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.4 Uang
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 388 Transportation Ground transportation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 13 Nov 2021 03:16
Last Modified: 13 Nov 2021 03:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13678

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics