Nilai nilai humanisme dalam ajaran tasawuf: telaah atas nilai-nilai ajaran tasawuf Gus Dur

Taufan, Muh (2020) Nilai nilai humanisme dalam ajaran tasawuf: telaah atas nilai-nilai ajaran tasawuf Gus Dur. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1404046051_MUH TAUFAN_SKRIPSI Lengkap.pdf] Text
1404046051_MUH TAUFAN_SKRIPSI Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Berkaitan dengan bagaimana Tasawuf berperan dalam membangun nilai nilai humanisme Seorang pembaharu islam di Indonesia juga hadir memberikan sebuah pandangan baru tetang spiritualisme dalam Islam. dia adalah Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Sebagaimana sufi besar ia adalah seorang yang selalu berkehendak hidupnya diabdikan sepenuhnya bagi manusia dan kemanusiaan. Untuk itu ia bekerja keras menerjemahkan prinsip-prinsip kemanusiaan ini, baik melalui tulisan-tulisannya, seramah-ceramahnya, maupun sikap hidupnya sehari-hari dimanapun dan kapanpun. baginya tauhid, fiqh, dan akhlaq dapat diterapkan kedalam kepedulian terhadap kemanusiaan. Spiritualistik sejalan dengan pemuliaan terhadap anak adam sebagai wakil Allah di bumi. Humanisme gusdur berbeda dari pandangan barat dimana manusia bisa eksis ketika tuhan ditiadakan humanisme gusdur bahkan “humanism tauhid’’ sebab kemuliaan manusia bisa tercapai atas keyakinan mendalam terhadap perintah ketuhanan. Kepatuhan dan ketundukan terhadap terhadap Tuhan merupakan asa paling tinggi dalam ideologi humanismenya.
Pandangan Gus Dur tentang Islam sebagai agama kemanusiaan terwujud dalam lima hak dasar manusia (kulliyat al khams) didalam maqashid al-syariah terdiri dari; hifdz al-nafs (hak hidup), hifdz al-din (hak beragama), hifdz al-nasl (hak berkeluarga), hifdz al-maal (hak berharta), hifz al-irdh (hak pengakuan). maksud dari Gus Dur berbicara tentang Kulliat al khams itu selain tercapainya kehidupan yang sejahtera secara jasmani juga sejahtera secara psikologis, demikian itu menjadi hak setiap orang untuk mendapatkannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Filsafat Humanisme; Tasawuf; Gus Dur; Abdurrahman Wahid
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 190 Modern Western philosophy
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 13 Nov 2021 03:22
Last Modified: 13 Nov 2021 03:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13679

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics