Relevansi akhlak interaksi guru dan murid menurut Al Ghazali dalam kitab “Ihya’ Al-ulum Ad-din” dengan konsep pendidikan zaman modern

Jannah, Lailatun Nur (2020) Relevansi akhlak interaksi guru dan murid menurut Al Ghazali dalam kitab “Ihya’ Al-ulum Ad-din” dengan konsep pendidikan zaman modern. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503016103_LAILATUN NUR JANNAH_Full Skripsi] Text (SKRIPSI_1503016103_LAILATUN NUR JANNAH_Full Skripsi)
1503016103_LAILATUN NUR JANNAH_Full Skripsi - Laila lai.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Salah satu hal terpenting dalam dunia pendidikan adalah akhlak. Kedudukan akhlak lebih utama daripada ilmu, oleh karena itu pendidikan akhlak yang telah diajarkan perlu untuk diterapkan dan dibudayakan. Apalagi kedudukan menjadi seorang pelajar yang sedang menuntut ilmu kepada gurunya harus memiliki akhlak yang baik sesuai yang diajarkan oleh Islam sendiri. Melihat keadaan akhlak di zaman sekarang yang semakin menipis, menyadarkan kita untuk berlomba-lomba dalam memperbaikinya. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui akhlak interaksi guru dan nmurid dalam konteks pendidikan zaman modern menurut al-Ghazali dalam kitab Ihya’ al-Ulum Ad-Din. adapun rumusan masalah yang diteliti yaitu, bagaimana akhlak guru terhadap murid dan akhlak murid terhadap guru dalam proses pembelajaran perspektif al-Ghazali dalam Kitab Iḥya’ al-‘Ulum ad-Din ? dan bagaimana relevansi konsep akhlak guru terhadap murid dan relevansi murid terhadap guru menurut Imam al-Ghazali dengan konsep pendidikan zaman modern ?
Skripsi ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan atau library research. Adapun teknik pengumpulan data adalah mencari data mengenai hal-hal atau variable berupa catatan, jurnal, buku, dan lain sebagainya. Data dikumpulkan dalam wujud catatan atau data tertulis. Sedangkan analisa data yang dipakai adalah analisis isi (content analysis). Dalam penelitian ini memberikan kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Konsep akhlak guru menururt Imam Ghazali dalam kitab Ihya’ al-Ulum ad-Din .
Al-Ghazali berpendapat bahwa orang yang menetapkan diri dan bertekad untuk mengambil pekerjaan sebagai pengajar, ia harus menjalankan tugas dan kewajiban berikut: a) Guru harus memiliki rasa kasih sayang. b) Guru harus mengikuti teladan Rasul. c) Guru tidak boleh menyembunyikan nasihat. d) Guru mencegah murid dari watak dan perilaku jahat. e) Guru tidak merendahkan ilmu lain. f) Guru hendaknya mengetahui batas kemampuan murid. g) Guru hendaknya mengajar sesuatu yang jelas. h) Guru harus mempraktikkan lebih dahulu. (2) Konsep akhlak murid menurut Imam Ghazali dalam kitab Ihya’ al-Ulum ad-Din. Al-Ghazali juga berpendapat bahwa seorang murid sebagai yang diajar, ia harus menjalankan tugas dan kewajiban berikut : a) Murid harus berjiwa bersih. b) Murid harus menjauhkan diri dari persoalan-persoalan duniawi. c) Murid harus bersikap rendah hati atau tawadlu. d) Murid yang baru jangan mempelajari ilmu-ilmu yang berlawanan. e) Murid harus mendahulukan mempelajari yang wajib. f) Murid harus mempelajari ilmu secara bertahap. g) Murid tidak mempelajari satu disiplin ilmu sebelum sebelum menguasai disiplin ilmu sebelumnya. h) Murid harus mengenal nilai setiap ilmu yang dipelajarinya. (3) Relevansi akhlak guru terhadap murid dan relevansi akhlak murid terhadap guru menururt Imam Ghazali dalam kitab Ihya’ al-Ulum ad-Din dikaitkan dengan pendidikan zaman modern sangat bertautan dengan tuntutan saat ini, diantaranya terhadap kompetensi guru dan pencapaian tujuan pendidikan nasional, serta tujuan pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akhlak guru; Murid; Relevansi akhlak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 17 Nov 2021 03:34
Last Modified: 17 Nov 2021 03:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13709

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics