Pendidikan akhlak dalam buku Muhammmad Al-Fatih generasi emas kesultanan utsmani (nilai dan kontribusinya di era industri 4.0)

Lesmana, Agung (2020) Pendidikan akhlak dalam buku Muhammmad Al-Fatih generasi emas kesultanan utsmani (nilai dan kontribusinya di era industri 4.0). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503016105_Agung Lesmana_Lengkap] Text (SKRIPSI_1503016105_Agung Lesmana_Lengkap)
1503016105_Agung Lesmana_Lengkap Tugas Akhir - Agung Lesmana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kajian ini di latarbelakangi oleh dampak kemajuan dari era industri 4.0 yang membuat maraknya kemosrotan akhlak pada anak didik saat ini, hal tersebut yang akan selalu menjadi pekerjaan rumah bagi orang tua dan pendidik. Karenanya, perlu kajian mengenai pendidikan akhlak lewat pemanfaatan karya sastra yang diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi pendidikan Islam di Indonesia Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pendidikan akhlak dalam buku Muhammad Al-Fatih Generasi Emas Kesultanan Utsmani (nilai dan konstribusinya di era industri 4.0). Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: 1)Apa saja konsep nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam buku Muhammad Al-Fatih Generasi Emas Kesultanan Utsmani ? 2)Bagaimana impliksasi nilai pendidikan akhlak dalam buku Muhammad Al-Fatih Generasi Emas Kesultanan Utsmani dengan pendidikan Islam di era industri 4.0? Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan historis. Adapun teknis analisis data menggunakan analisis isi .

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam buku Muhammad Al-Fatih Generasi Emas Kesultnan Utsmani diantaranya: Nilai akhlak terhadap diri sendiri, Nilai akhlak kepada Allah, Nilai akhlak sebagai pemimpin. Temuan tersebut memberikan acuan bahwa pentingnya pendidikan akhlak dalam pendidikan Islam sebagai bekal untuk menghadapi kehidupan di era industri 4.0 yang semakin maju ini, supaya dapat mempertahankan ekistensinya sebagai individu yang memliki kepribadian luhur.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan akhlak; Buku Muhammad Al-Fatih generasi emas kesultanan utsmani
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 17 Nov 2021 03:56
Last Modified: 17 Nov 2021 03:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13710

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics