Konsep pendidikan Islam menurut Prof. Dr. H. M Quraish Shihab, MA. (kajian buku Membumikan Al-Qur’an)

Ni’mah, Lilik Azifatun (2020) Konsep pendidikan Islam menurut Prof. Dr. H. M Quraish Shihab, MA. (kajian buku Membumikan Al-Qur’an). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503016133_Lilik Azifatun Ni_mah_Full] Text (SKRIPSI_1503016133_Lilik Azifatun Ni_mah_Full)
1503016133_Lilik Azifatun Ni_mah_Full Skripsi - Lili An.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (815kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan islam menurut H. M. Quraish Shihab. Adapun metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penyususnan skripsi adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis, yaitu pemecahan masalah- masalahnya dengan analisis dan menjelaskan dengan teliti kenyataan-kenyataan faktual dari subjek yang diteliti sehingga diperoleh gambaran yang utuh berdasarkan fakta.
Dalam skripsi ini akan membahas ide atau gagasan tentang pendidikan dalam Al-Qur’an menurut H. M. Quraish Shihab yang mencakup konsep pendidikan tarbiyah yang menitikberatkan pada pelaksanaan nilai-nilai Ilahiyat yang bersumber dari Allah SWT. Dalam konsep pendidikan ini, terdapat pesan-pesan dakwah yang telah disampaikan secara khusus, yaitu meliputi tujuan pendidikan untuk membina manusia agar menyadari bahwa dirinya sebagai hamba Allah dan sebagai khalifah. Dengan metode dialog dapat mengantarkan peserta didik agar berkomunikasi langsung dengan pendidik dan agar peserta didik berani menyampaikan pendapatnya. Selain itu ada juga sifat pendidikan Islam yang bersifat seumur hidup atau sepanjang hayat. Dalam skripsi ini juga menjelaskan pemikiran Quraish Shihab tentang materi pembelajaran dalam Al-Qur’an, yaitu menuntut pendidik agar menyampaikan materi pendidikannya dapat disajikan dengan meyakini kebenarannya melalui argumentasi- argumentasi yang rasional. Dan dalam metode penyampaian materi ada beberapa metode, diantaranya dalam metode kisah mengarahkan peserta didik agar mencari pengalaman dan mampu mengambil hikmah dari kisah-kisah tersebut, melalui metode keteladanan mengarahkan peserta didik agar dapat mengubah perilakunya dan mencoba segala tindakan yang dijadikan teladan baginya, dalam metode nasehat menjadikan peserta didik dalam setiap tindakannya menjadilebih baik dan dalam metode pembiasaan mengarahkan peserta didik untuk senantiasa membiasakan diri berperilaku baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tujuan pendidikan; Metode penyampaian materi; Pendidikan sepanjang hayat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 17 Nov 2021 04:10
Last Modified: 17 Nov 2021 04:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13713

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics