Representasi akhlak mahmudah dalam film “Assalamualaikum Calon Imam”

Widyaningrum, Ericka Septi (2020) Representasi akhlak mahmudah dalam film “Assalamualaikum Calon Imam”. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501026039_ERICKA SEPTI W_SKRIPSI LENGKAP] Text (1501026039_ERICKA SEPTI W_SKRIPSI LENGKAP)
1501026039_ERICKA SEPTI W_FULL TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Ericka Septi Widyaningrum, NIM 1501026039. “Representasi Akhlak Mahmudah dalam Film “Assalamualaikum Calon Imam”. Film “Assalamualaikum Calon Imam” adalah film bergenre drama religi yang diangkat dari sebuah novel best seller karya Ima Madaniah, yang di produksi oleh Prized Productions dan Vinski Production, dan disutradarai oleh Findo Purwono HW. Film ini bertemakan tentang pencarian cinta sejati dan sarat ajaran akhlak. Akhlak menempati suatu kedudukan penting dalam kehidupan manusia. Kemuliaan seseorang terletak pada akhlaknya, maka sangat penting seseorang untuk memahami dan menyempurnakan akhlaknya. Dengan cara mempelajari dan mengamalkan akhlak mahmudah yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja bentuk-bentuk akhlak mahmudah dan bagaimana akhlak mahmudah direpresentasikan dalam film “Assalamualaikum Calon Imam”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kuadran simulacra Jean Baudrillard. Pendekatan kuadran simulacra terdiri dari empat kuadran yaitu; Kuadran I: simulasi merupakan cermin dari realitas. Kuadran II: simulasi menyembunyikan dan menyesatkan realitas sehingga tidak lagi hadir apa adanya. Kuadran III: simulasi akan menutup dan menghapus realitas yang menjadi acuan. Kuadran IV: realitas menjadi simulasi murni yang jauh dari realitas sesungguhnya.
Hasil penelitian film “Assalamualaikum Calon Imam” menunjukkan beberapa citra akhlak mahmudah yang direpresentasikan tokoh Fisya melalui proses simulasi dalam kuadran simulacra Jean Baudrilard. Pertama, akhlak terhadap Allah SWT dengan menauhidkan Allah masuk kedalam kuadran I, direpresentasi melalui adegan meng-Esa-kan Allah dengan berdoa kepada Allah SWT setelah menunaikan ibadah sholat. Tadharru (merendahkan diri kepada Allah) masuk kedalam kuadran I, direpresentasikan melalui adegan perasaan kagum hingga membuat hati bergetar ketika mendengar ayat suci Al-Qur’an. Kedua, akhlak terhadap diri sendiri yaitu sabar masuk kedalam kuadran I, direpresentasikan melalui adegan tetap menjalankan ibadah kepada Allah meskipun divonis mengidap penyakit serius. Shidqu (jujur) masuk kedalam kuadran I, direpresentasikan melalui adegan menjawab tuduhan dengan perkataan yang benar dan jujur. Ketiga, akhlak terhadap keluarga yaitu birrul walidain (berbakti kepada orang tua) masuk kedalam kuadran I, direpresentasikan melalui adegan menanyakan kembali keinginan orang tua. Serta adegan memenuhi keinginan orang tua dengan menikah masuk kedalam kuadran II. Keempat, akhlak mahmudah terhadap masyarakat yaitu ta’awun (saling menolong) masuk kedalam kuadran I, direpresentasikan melalui adegan mementingkan keselamatan orang lain diatas kepentingan pribadi dengan menolong orang yang membutuhkan pertolongan. Citra akhlak mahmudah tokoh Fisya yang dibangun dalam film “Assalamualaikum Calon Imam” merupakan sebuah proses simulasi yang kebanyakan diambil dari realitas kehidupan nyata.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Representasi; Akhlak Mahmudah; Film; Assalamu'alaikum Calon Imam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 15 Nov 2021 08:46
Last Modified: 16 Nov 2021 02:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13715

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics