Pendidikan anti bullying dalam kitab Al-Akhlaq li al-Banin

Azizah, Elok Nur (2020) Pendidikan anti bullying dalam kitab Al-Akhlaq li al-Banin. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503016135_Elok Nur Azizah_lengkap] Text (SKRIPSI_1503016135_Elok Nur Azizah_lengkap)
1503016135_Elok NurAzizah_Lengkap Tugas Akhir - Elok Nur azizah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Melihat fakta dari data PISA bahwa korban bullying di Indonesia tertinggi kelima di dunia, maka masalah bullying harus mendapatkan penanganan yang baik. Masalah prilaku bullying berkaitan dengan budi pekerti, ataupun akhlak seseorang yang buruk, dan hal ini harus diperbaiki. Dengan menggunakan literasi pendidikan akhlak sebagai upaya meminimalisir perilaku buruk anak seperti bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang mendalam tentang pendidikan anti bullying dalam kitab Al-Akhlaq li al-Banin.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ke-pustakaan/literatur (library research), dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian berasal dari kitab Al- Al-Akhlaq li al-Banin dan buku-buku terkait bullying. Fokus penelitian adalah pendidikan anti bullying dalam kitab Al-Akhlaq li al-Banin. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisi data berupa analisis isi (content analysis), dilanjutkan analisis deduktif, kemudian dapat menyimpulkan pendidikan anti bullying dalam kitab Al-Akhlaq li al-Banin.
Temuan penelitian, pertama: Materi pendidikan anti bullying dalam kitab Al-Akhlaq li al-Banin dapat dilihat di jilid 1, bab 2 (Anak yang sopan), dan bab 31 (Adab seorang anak kepada teman-temannya). Pada jilid 2, bab 20 (Apa kewajibanmu terhadap teman-temanmu). Dan pada jilid 3, bab 3 (Macam-macam adab percakapan). Kedua: Metode pendidikan anti bullying yang digunakan Syekh Umar Ahmad Baradja dalam kitabnya Al-Akhlaq li al-Banin menggunakan 2 metode utama yaitu, berupa nasihat-nasihat dan kisah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bullying; Pendidikan anti bullying; Al-Akhlaq li al-Banin
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 19 Nov 2021 03:50
Last Modified: 19 Nov 2021 03:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13717

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics