Pendidikan perempuan perspektif Siti Walidah dan relevansinya dengan pendidikan kader perempuan di IMM UIN Walisongo

Sari, Dina Puspita (2020) Pendidikan perempuan perspektif Siti Walidah dan relevansinya dengan pendidikan kader perempuan di IMM UIN Walisongo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503016151_Dina Puspita Sari_ Full Skripsi] Text (SKRIPSI_1503016151_Dina Puspita Sari_ Full Skripsi)
1503016151_Dina Puspita Sari_Full Skripsi - puspita dina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendidikan perempuan perspektif Siti Walidah dan relevansinya dengan pendidikan kader perempuan di IMM UIN Walisongo yang dilatar belakangi oleh adanya anggapan terkait rendahnya posisi perempuan dibandingkan dengan laki-laki, dimana perempuan hanya sebagai pelengkap bagi laki-laki dan diskriminasi terhadap perempuan dalam beberapa sektor. Maka dari itu hadirnya tokoh Siti Walidah memberikan pencerahan dan penyegaran bagi kaum perempuan untuk senantiasa mengasah potensi yang dimiliki sehingga peneliti melihat kiprah Siti Walidah dalam mendidik perempuan pada zaman dahulu rupanya masih sangat relevan dengan keadaan zaman sekarang. Di dalam rangka memberikan pendidikan kepada kader perempuan, Organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah mengembangkan potensi kader serta mengimplementasikan tri kompetensi dasar pada ikatan. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pendidikan perempuan perspektif Siti Walidah ? (2) Bagaimana relevansi pendidikan perempuan perspektif Siti Walidah dengan pendidikan kader perempuan di IMM UIN Walisongo?.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan melakukan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan data yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kader perempuan di IMM mengadopsi tujuan dari penerapan pendidikan di era Siti Walidah yakni mengangkat derajat wanita serta gerakan yang membahas isu-isu gender. Berusaha

mencerahkan dan menyadarkan perempuan agar dapat

vi

mengembangkan potensi dan kualitas diri. Kemudian terkait relevansi antara pendidikan perempuan perspektif Siti Walidah dengan pendidikan kader perempuan di IMM UIN Walisongo Semarang adalah relevan. Terbukti prinsip yang dilakukan IMM UIN Walisongo di dalam mendidik kader perempuan adalah dengan melihat bagaimana perjuangan Siti Walidah di dalam mendidik perempuan. Dengan adanya kegiatan kajian, pengembangan keterampilan serta memberikan pendidikan agama di dalam wadah asrama Siti Walidah .

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan perempuan; Siti Walidah; Relevansi; Kader IMM
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.65 Organizations of Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 16 Nov 2021 06:45
Last Modified: 16 Nov 2021 06:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13721

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics