Pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan manajemen pengetahuan terhadap keunggulan bersaing UMKM di masa pandemi : studi pada UMKM di Kabupaten Kendal

Latifah, Alvi (2021) Pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan manajemen pengetahuan terhadap keunggulan bersaing UMKM di masa pandemi : studi pada UMKM di Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026167_Alvi_Latifah] Text (Skripsi_1705026167_Alvi_Latifah)
Skripsi_1705026167_Alvi_Latifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Sejak terjadinya pandemi Covid-19 di Indonesia, sektor perekonomian mengalami dampak yang signifikan. Berdasarkan survey Badan Pusat Statistik, sebanyak 84% usaha menengah kecil mengalami penurunan penghasilan. Hal tersebut tentunya menjadi masalah besar bagi pelaku UMKM dan tentunya akan berimbas besar terhadap perekonomian di Indonesia. Untuk bisa bertahan di masa pandemi ini, pelaku UMKM harus mengoptimalkan keunggulan bersaingnya dengan menggunakan strategi bisnis yang relevan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing, pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing serta pengaruh manajemen pengetahuan terhadap keunggulan bersaing pada UMKM. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif menggunakan analisis regresi linier berganda. Sampel pada penelitian ini yaitu anggota dari Paguyuban UMKM Kendal sebanyak 64 responden. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara orientasi pasar dengan keunggulan bersaing. Orientasi kewirausahaan juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Sedangkan manajemen pengetahuan tidak berpengaruh terhadap keunggulan bersaing.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keunggulan bersaing; Persaingan; Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM); Orientasi pasar; Orientasi kewirausahaan; Manajemen pengetahuan; Masa pandemi; Covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Nov 2021 07:20
Last Modified: 16 Nov 2021 07:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13722

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics