Analisis penerapan etika bisnis Islam pada praktik ritel berbasis syariah : studi kasus pada Muslim Mart di Gunung Pati Semarang

Angreani, Putri Rizki (2021) Analisis penerapan etika bisnis Islam pada praktik ritel berbasis syariah : studi kasus pada Muslim Mart di Gunung Pati Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026204_Putri_Rizki_Angreani] Text (Skripsi_1705026204_Putri_Rizki_Angreani)
Skripsi_1705026204_Putri_Rizki_Angreani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Etika bisnis Islam merupakan norma etika yang didasarkan pada Alquran dan Hadist yang harus menjadi pedoman hidup para pelaku bisnis. Namun kenyataannya banyak orang atau pebisnis yang melakukan kecurangan sehingga keluar dari norma etika bisnis yang sesuai dengan Alquran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara komprehensif tentang penerapan etika bisnis pada sektor ritel berbasis syariah yaitu Muslim Mart Gunungpati Semarang. Dalam penelitian ini, faktor-faktor yang digunakan untuk menganalisis penerapan etika bisnis Islam pada praktik bisnis ritel berbasis syariah adalah produk, pelayanan dan pemasaran, dengan menggunakan indikator praktik ritel yaitu modal, pendapatan, volume penjualan dan tenaga kerja. Kemudian faktor-faktor tersebut digunakan untuk menganalisis indikator etika bisnis Islam yaitu kesatuan, keseimbangan, tidak monopili, bertanggung jawab dan kebajikan.
Penyusun menggunakan metode penyusunan deskriptif kualitatif. Subjek persiapannya adalah Muslim Mart Gunung Pati Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, pencatatan dokumen, dan wawancara. Instrumen kompilasi ini berfungsi sebagai pedoman wawancara, lembar pencatatan dan alat pendokumentasian.
Hasil kompilasi ini menjelaskan bahwa Muslim Mart Gunungpati Semarang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang usaha retail yang dijalankan dengan konsep Islami. Dapat disimpulkan bahwa Muslim Mart Gunungpati Semarang telah mengintegrasikan kelima aksioma etika bisnis Islam terhadap beberapa aspek parameter kemajuan bisnis yang penulis gunakan yaitu permodalan, pendapatan, volume penjualan dan tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika bisnis Islam; Ritel syariah; Muslim Mart
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Occupational ethics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Nov 2021 07:36
Last Modified: 16 Nov 2021 07:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13724

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics